Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ojek Online Menjamur dan Sumbang Kemacetan, Perusahaan Transportasi Online Memilih Bungkam

Rabu, 23 Agustus 2017 | 11:32 WIB
Ojek Online menjamur sumbang kemacetan.
Kompas.com
Ojek Online menjamur sumbang kemacetan.

JAKARTA - Munculnya ojek online menambah catatan awal moda transportasi yang memudahkan penumpang menuju suatu lokasi hanya melalui aplikasi.  

Jumlah pengemudi ojek berbasis daring ini kian menjamur bahkan telah memiliki kebiasaan ‘mangkal’ selayaknya ojek konvensional.

Tentunya hal ini dapat berpotensi menambah sumbangan bagi kemacetan, khususnya di DKI Jakarta. 

“Harusnya ojek daring dibatasi karena menyumbang kemacetan di jalan raya,” Djoko Setijowarno, Pengamat Transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI). 

Namun, perusahaan penyedia layanan tak mau berkomentar secara jelas dan masih bungkam saat ditanya mengenai pembatasan jumlah mitra pengemudi yang beroperasi di seluruh Indonesia. 

“Sementara ini kami sampaikan, saat ini terdapat 300.000 mitra Go-Jek di seluruh kota di Indonesia yang tersebar di 50 kota di Indonesia,” ujar Rindu Ragilia, Public Relations Manager Gojek Indonesia kepada OTOMOTIFNET.COM, Rabu (23/8). 

Selain Gojek, perusahaan penyedia layanan transportasi lainnya, Uber pun ikut-ikutan tidak mau berkomentar secara jelas bagaimana batas jumlah dari mitra pengemudinya. 

“Bagi Uber, dimana mitra pengemudi yang menggunakannya adalah mitra independen yang bebas menentukan kapan mereka menggunakan aplikasi bebas online serta offline kapanpun bahkan bebas menggunakan aplikasi lainnya,” tutur Dian Safitri, Head of Communication Uber Indonesia dalam keterangan tertulisnya kepada OTOMOTIFNET.COM, Rabu (23/8). 

Dian menambahkan, Uber kini telah hadir di 34 kota yang tersebar di 7 pulau di Indonesia. Waktu tunggu yang semakin baik ini juga berlaku di seluruh kota tempat Uber hadir. 

Batas jumlah pengemudi ojek online perlu mendapat perhatian karena bukan hanya menjadi lapangan pekerjaan saja, namun menjadi penyumbang kemacetan di jalan raya. (Otomotifnet.com/Safar)

Editor : toncil

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa