Test Drive 'Si Bengal' Toyota Agya 1.2 TRD S A/T 2017

Parwata - Senin, 18 September 2017 | 14:57 WIB
No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Ini dia Toyota Agya paling bengal yang pernah dites oleh OTOMOTIF. Kenapa begitu?  Lihat saja tampilannya yang jauh beda dan agresif dengan versi sebelumnya. Ditambah sekarang ia dibekali mesin 3 NR-FE, 4 silinder segaris Dual VVT-i berkapasitas 1.197 cc.
 
Dengan perubahan mesin dari 1.000 cc tiga silinder ke 1.200 cc 4 silinder, membuat Agya terbaru ini tak hanya bebas getaran, tapi juga peningkatan performa yang lumayan. Bagaimana hasil tesnya? Silakan simak terus artikel ini. Tim OTOMOTIF (Otomotifnet.com)
No caption
No credit
No caption
Indikator + MID komplet
Fitur
 
Seperti yang sudah dikatakan, tampilan luar Agya TRD S lebih terlihat Bengal dibandingkan dengan rekan sesama LCGC lainnya, ini berkat tambahan TRD Aero Kit yang terdiri dari front bumper spoiler, side skirt, rear bumper spoiler, sporty side body moulding, rear roof spoiler dengan stop lamp, stiker dan emblem TRD.
No caption
No credit
No caption
Head Unit 2DIN sudah bisa koneksi smartphone via Nluetooth
Warna hitam dan darker silver paint dilabur ke dalam kabin,  menghadirkan kesan elegan dan lapang dengan trim pintu dari bahan fabric. Kini kedua jok depannya menganut model semi bucket. Kedua jok depan lebih tebal sehingga semakin nyaman diduduki. Sementara di jok belakang bagian tengah dilengkapi head rest.
No caption
No credit
No caption
Sistem audio-nya sendiri menampilkan 2 DIN yang sudah dilengkapi fitur Bluetooth, sehingga dapat disambungkan dengan smartphone Anda. Serta terdapat steering switch di bagian kemudi. Meter cluster juga komplit, plus MID untuk memantau jumlah dan efisiensi bahan bakar. Tambahan indikator ECO juga memberikan tantangan pengemudi untuk selalu membuatnya menyala.
No caption
No credit
No caption
Performa & Konsumsi
 
Mengusung mesin 3 NR-FE, 4 silinder segaris, 16 valve, DOHC, 1.200 cc yang sama dengan Calya, selain membuat Agya terbaru ini minim getaran. Aalagi dipasangkan dengan sistem transmisi otomatis 4 percepatan, juga meningkatkan performa akselerasi serta efisiensi bahan bakarnya.
 
Jika saat masih menggunakan dapur pacu 1KR 3 silinder, Agya mampu melesat dari 0-100 km/jam dalam waktu 19,7 detik, maka mesin 4 silinder baru ini membuatnya lebih cepat 6 detik menjadi 13,7 detik untuk mencapai kecepatan yang sama.
 
Bukan hanya performa akselerasi yang mengalami peningkatan, efisiensi bahan bakar juga ikut meningkat dari hasil penggantian mesin. Agya TRD S 1.0 Liter mampu menghasilkan efisiensi sebesar 12 km/l untuk penggunaan dalam kota.
 
Sementara Agya TRD S 1,2 liter baru ini, mampu menghadirkan efisiensi sebesar 16 km/l di situasi yang sama. Sedangkan untuk konsumsi rata-rata pemakaian luar kota dan konstan 100 km/jam, masing-masing tercatat sebesar 19 km/l dan 24 km/l. Sebuah prestasi yang layak diapresiasi.
No caption
No credit
No caption
Jok belakang dilengkapi ISOFIX
Kenyamanan & Handling
 
Karena menggunakan mesin 4 silinder, maka getaran di ruang mesin dan kabin menjadi hampir tidak terasa. Bukan hanya itu, kabin Agya TRD S terbaru ini juga lebih senyap dari model sebelumnya.
 
Penggunaan sistem throttle by wire yang diterapkan Toyota pada Agya baru ini, menyebabkan sedikit lag di tarikan awal. Sangat terasa saat akan mendahului kendaraan lain saat transmisi ada di posisi D. Trik untuk meminimalkannya, yakni dengan memindahkannya dulu ke posisi 3 dan tekan gas.
No caption
No credit
No caption
Bagasi luas, bawa tas sekolah sih bisa
Untuk bantingan suspensi, Agya TRD S 1.2 bisa dibilang moderat, tidak terlalu empuk dan tidak terlalu keras juga. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya memang lebih lembut. Toyota sepertinya sudah mendapatkan setting geometri yang tepat untuk model baru ini.
No caption
No credit
No caption
Spoiler belakang dengan high mount stop lamp hanya ada di tipe TRD S
 
Saat ngolong di bagian belakangnya, Agya ternyata juga sudah dibekali stabilizer. Tak heran sekarang bisa lebih percaya diri saat melibas tikungan dengan kecepatan sedikit tinggi, tidak lagi ada gejala body roll.
Data Spesifikasi
Mesin : 3NR-FE 4 silinder segaris Dual VVT-i, 16 Valve, DOHC, EFI
Kapasitas silinder : 1.197 cc
Rasio kompresi : 11:1
Layout mesin : Mesin depan, penggerak roda depan
Tenaga maksimum : 88 dk @ 6.000 rpm
Torsi maksimum : 100 Nm @ 4.200 rpm
Transmisi : Otomatis 4 Percepatan
Dimensi (p x l x t ) : 3.660 mm x  1.660 mm x 1.520 mm
Wheelbase : 2.450 mm
Radius putar : 4,5 m
Ground clearance : 180 mm
Suspensi depan : MacPherson Strut
Suspensi belakang : Torsion Beam
Damper : Coil Spring
Rem depan/belakang : Cakram berventilasi/Tromol, ABS 
Ban depan/belakang : 175/65 R14
Kapasitas tangki : 33 Liter
Berat kosong/kotor : N/A
Harga : Rp 152.400.000 
 
Data Tes
0 – 60 km/jam : 4,8 detik
0 – 80 km/jam : 9,5 detik
60 – 80 km/jam : 4 detik
0 – 100 km/jam : 13,7 detik
0-201 m : 12,8 detik
0-402 m : 19,6 detik
Top speed : 180 km/jam
Konsumsi BBM dalam kota : 16 km/liter
Konsumsi BBM Luar Kota : 19 km/liter
Konsumsi BBM konstan 80 km/jam : 22 km/liter
Konsumsi BBM konstan 100 km/jam : 24 km/liter


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa