Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Heboh Susah Dapat Keringanan Kredit, Ini Tips Pengajuan Dari OJK

Irsyaad Wijaya - Jumat, 1 Mei 2020 | 20:30 WIB
Ilustrasi promo kredit motor.
Harun/GridOto.com
Ilustrasi promo kredit motor.

Otomotifnet.com - beberapa waktu belakangan ini publik heboh dengan bisa tidaknya mendapat keringan cicilan dari bank atau leasing.

Lantaran terkesan mudah tapi nyatanya enggak semua orang bisa mendapat keringanan.

Nah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan keringanan pada sejumlah debitur bank dan perusahaan pembiayaan yang terdampak pandemi virus corona.

Wasit industri keuangan di Indonesia ini memberikan panduan bagi nasabah yang ingin mengajukan relaksasi tersebut.

Pertama, debitur tak perlu datang ke bank atau perusahaan pembiayaan.

"Tunggu dan ikuti pengumuman yang akan disampaikan bank atau leasing melalui website atau call center resmi," tutur juru bicara OJK, Sekar Putih Djarot dari keterangannya (28/3/20).

Baca Juga: Leasing Dilarang Tarik Kendaraan Saat Corona, Ketua MPR RI: Bukan Solusi Kredit Macet

Adapun prioritas debitur yang mendapat keringanan adalah yang memenuhi sejumlah syarat seperti debitur terkena dampak Covid-19 dengan nilai kredit di bawah Rp 10 miliar untuk antara lain pekerja informal, berpenghasilan harian, dan UMKM baik itu dari kredit UMKM maupun KUR.

Lalu, keringanan dapat diberikan dalam periode waktu maksimum 1 tahun dalam bentuk penyesuaian pembayaran cicilan pokok atau bunga, perpanjangan waktu atau hal lain yang ditetapkan oleh bank atau leasing.

Kemudian mengajukan kepada bank atau leasing dengan menyampaikan permohonan melalui saluran komunikasi bank maupun leasing.

"Jika dilakukan secara kolektif misalkan melalui perusahaan, maka direksi wajib memvalidasi data yang diberikan kepada bank atau leas ing," kata Sekar.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa