Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perjanjian Ditandatangani, Proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Siap Dikerjakan Tahun 2021

Muhammad Ermiel Zulfikar,Ignatius Ferdian - Sabtu, 14 November 2020 | 18:55 WIB
Ilustrasi proyek jalan tol
Dok. Jasa Marga
Ilustrasi proyek jalan tol

Otomotifnet.com - Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) dan Perjanjian Penjaminan Proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen ditandatangani di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah (13/11/2020).

Penandatanganan ini dilakukan oleh PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB), entitas perusahaan baru dari konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memenangkan lelang proyek ini.

Terdiri dari PT Jasa Marga (Persero) selaku pemegang saham mayoritas sebesar 60 persen, Adhi Karya (Adhi) sebesar 12,5 persen, Waskita Karya (WIKA) sebesar 12,5 persen, PT PP (Persero) sebesar 12,5 persen serta PT Brantas Abipraya (Persero) sebesar 2,5 persen.

Tak hanya dua perjanjian ini, ada juga penandatanganan perjanjian regres antara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII).

Baca Juga: Tarif Tol Jakarta-Cikampek Naik, Disesuaikan Ruas Atas dan Bawah

Basuki Hadimuljono, selaku Menteri PUPR mengatakan, hadirnya Jalan Tol Yogyakarta-Bawen ini akan mewujudkan jalur segitiga emas yang menghubungkan Jogja-Solo-Semarang (Joglo Semar).

Selain itu, jalan tol tersebut juga diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi khususnya di bidang pariwisata.

"Dengan adanya jalan tol ini, maka Joglo Semar akan menjadi satu kawasan yang terintegrasi satu sama lain. Infrastruktur ini akan dihubungkan dengan infrastruktur yang telah dibangun pada periode sebelumnya," ujar Basuki dalam siaran resmi Jasa Marga (13/11/2020).

Menteri PUPR menambahkan, bahwa pembangunan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen ini untuk mempercepat waktu tempuh dari dan ke wilayah Semarang dan Yogyakarta.

Baca Juga: Tol Layang Japek II Segera Bertarif, Terintegrasi Sama Bawah, Ada Gerbang Tol Baru

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa