BBM Jenis Premium Dikabarkan Bakal Dihapus Tahun Depan, Pertamina Beri Penjelasan

Naufal Shafly,Ignatius Ferdian - Senin, 16 November 2020 | 18:55 WIB
Pompa pengisian BBM Premium di SPBU Pertamina.
Pradana/GridOto.com
Pompa pengisian BBM Premium di SPBU Pertamina.

Otomotifnet.com - BBM jenis Premium yang punya nilai oktan rendah, RON 88 lagi-lagi dikabarkan akan segera dihapus Pertamina.

Kabar ini pertama kali datang dari Karliansyah, selaku Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan, Kementerian Lingkugan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Menanggapi isu yang beredar mengenai penghapusan BBM jenis Premium ini, PT Pertamina (Persero) akhirnya memberikan jawabannya.

Heppy Wulansari, selaku Pjs. VP communication Pertamina mengungkapkan, kebijakan tersebut sepenuhnya merupakan kewenangan pemerintah dan pihaknya hanya bisa menjalankan distribusi sesuai penugasan.

Program Langit Biru Pertamina Diperluas, Harga Pertalite di Wilayah Ini Lebih Murah

"Namun, Pertamina akan terus mengedukasi konsumen untuk menggunakan BBM ramah lingkungan dan BBM yang lebih berkualitas," ucap Heppy (16/11/2020).

Meski begitu, menurutnya menggunakan BBM dengan RON lebih tinggi memiliki banyak manfaat, salah satunya bagi mesin kendaraan dan lingkungan.

"Selain edukasi, Pertamina juga memberikan stimulus berupa promo-promo BBM kepada konsumen agar tergerak untuk mencoba BBM dengan kualitas lebih baik, dan merasakan dampaknya ke mesin kendaraan, antara lain melalui Program Langit Biru," tutur Heppy.

Secara umum, konsumsi Premium dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan, khusus di wilayah Jamali (Jawa-Madura-Bali) presentasenya di bawah 14 persen.

Artinya, animo masyarakat terhadap BBM dengan RON yang lebih tinggi sudah semakin baik.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa