Mobil 2.500 Cc Rencana Disuntik Diskon PPnBM, Toyota Tunggu Resminya, Honda Kurang Puas Sama Syarat

Irsyaad Wijaya,Harun Rasyid - Senin, 22 Maret 2021 | 10:30 WIB
Sepanjang Januari-Agustus 2020, Kijang Innova berhasil mengantongi 94% pangsa pasar wholesales MPV. Yakni laku terjual 17.619 unit
F Yosi/Otomotifnet
Sepanjang Januari-Agustus 2020, Kijang Innova berhasil mengantongi 94% pangsa pasar wholesales MPV. Yakni laku terjual 17.619 unit

Otomotifnet.com - Insentif PPnBM 0 Persen mobil baru rencana diperluas pemerintah ke mobil berkapasitas 2.500 cc ke bawah.

Wacana relaksasi PPnBM mobil baru tersebut, berlaku untuk kapasitas mesin di atas 1.500 hingga 2.500 cc dengan kandungan komponen lokal 70 persen lebih.

Menanggapi hal ini, Anton Jimmi Suwandi, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) mengatakan, pihaknya belum mau berkomentar lebih dalam soal perluasan relaksasi PPnBM tersebut.

"Relaksasi PPnBM kami yakini sebagai upaya pemerintah untuk mendukung industri otomotif dalam negeri. Namun kami belum bisa memberi info detil soal aturan ini," ujarnya saat dihubungi, (18/3/21).

"Kami juga memutuskan untuk menunggu wacana ini diresmikan terlebih dahulu," sambungnya.

Baca Juga: Kemenperin Siap Kaji Perluasan PPnBM 0 Persen Kendaraan 2.500 Cc, Ikut Arahan Presiden

Sementara itu Yusak Billy, Bussiness Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM) berujar, pihaknya menyambut positif adanya rencana relaksasi PPnBM untuk mobil baru 2.500 cc ke bawah.

"Perluasan relaksasi pajak ke segmen 2.500 cc tentunya dapat memberikan kontribusi untuk mendorong pertumbuhan pasar," ucap Billy sapaan akrabnya saat dihubungi, (18/3/21).

"Walaupun segmen ini tidak sebesar 1.500 cc ke bawah," katanya.

Billy mengungkapkan, pihaknya masih kurang puas dengan syarat tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) 70 persen lebih dalam relaksasi tersebut.

"Jika skema relaksasi dapat diterapkan untuk segmen yang lebih luas, sebaiknya juga dipertimbangkan kembali soal batasan local purchase-nya," bebernya.


Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa