Brandstory

Konten ini Merupakan Kerjasama Otomotifnet dengan Honda PCX

Digemari Artis Hingga Masyarakat, Fitur dan Desain Motor Ini Dijamin Bikin Tambah Pede!

Fathia Yasmine - Senin, 5 April 2021 | 21:14 WIB
Geng Stand Up Comedy berpose bersama Honda PCX 160
Dok. AHM
Geng Stand Up Comedy berpose bersama Honda PCX 160

Otomotifnet.com – Meski situasi saat ini tidak memudahkan untuk mencoba hingga mengetes kemampuan kendaraan incaran di dealer, penggemar otomotif tetap dapat memperoleh insight mengenai hal tersebut lewat media sosial.

Coba saja tengok Youtube, TikTok, hingga Instagram. Mudah sekali bagi penggemar otomotif buat mengetahui kendaraan apa yang saat ini sedang jadi bahan pembicaraan. Salah satu yang sempat hangat diperbincangkan adalah skutik besar.

Di segmen roda dua, skuter matik (skutik) berbodi besar memang cukup digemari. Tampilannya yang gagah dengan kesan premium, membuat berkendara di jalanan terasa berbeda dari motor skutik kebanyakan.

Kepopuleran skutik jenis ini turut dibuktikan oleh Astra Honda Motor (AHM) melalui penjualan Honda PCX 150 yang diluncurkan pada 2018 lalu. Dikutip dari pemberitaan Kompas.com (5/2/2021), Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya mengatakan bahwa Honda PCX sudah terjual hampir 700.000 unit di Indonesia dalam kurun waktu 10 tahun.

Baca Juga: Kijang Innova 2.0 G M/T Bensin Lux Turun Harga, Kepangkas Rp 21,3 Juta, Jadi Segini

"PCX meluncur di Indonesia sejak 2010. Waktu itu masih CBU, sejak 2018 kami memulai produksi sendiri, sepanjang 10 tahun total PCX yang dipercaya dan dipakai konsumen hampir 700.000 atau tepatnya 685.000 unit," kata Thomas.

Baru-baru ini, AHM kembali meluncurkan versi terbaru skutik besarnya yaitu Honda PCX 160. Skutik tersebut disambut baik oleh sejumlah selebritas seperti Raffi Ahmad, yang mengunggah foto Honda PCX 160 melalui Instagramnya.

Pastinya the sultan udah paling kereenn..,” ujar Raffi Ahmad dalam unggahannya, (01/3/2021), disertai foto dirinya bersama Honda PCX 160.

Bukan hanya Raffi, Gading Marten dan Nia Ramadhani juga terlihat mengunggah konten serupa di feed instagram mereka. Dari berbagai komentar yang ada di akun ketiganya, diketahui bahwa Honda All New PCX juga banyak diidamkan oleh warganet.

 Baca Juga: Dua BeAT, Supra X dan Bus Kocar-Kacir, Ditrabas Truk Ngeblong Dari Belakang, 1 Tewas

Ya alloh pingin motor gitu ajha susah banget,” tulis akun uchihardiansyah010913 di kolom komentar unggahan Raffi Ahmad.

Apa saja kelebihan dari skutik satu ini yang membuat para selebriti jatuh hati? Berikut ulasan tampilan dan fitur Honda PCX 160.

Tampilan Mewah

Dari segi bodi, skutik satu ini terlihat lebih besar dibandingkan skutik lainnya. Tampilan inilah yang membuat skutik ini terlihat unik dan menonjol ketika dipakai berkendara di jalanan.

Desain lampu utama yang berbentuk kotak memanjang dengan sistem pencahayaan LED, menambah kesan mewah dan premium.

 Baca Juga: Avanza Bekas Diboyong, Setir Berat Saat Diputar, Ini Penyakitnya

Performa mantap

Memiliki kapasitas mesin terbesar di kelasnya, performa kencang dan bertenaga bisa Anda dapatkan di skutik ini. Dibekali dengan mesin eSP+ berkapasitas 160 cc dengan empat katup silinder, mesin All New Honda PCX mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 11,8 kW di 8.500 rpm dengan torsi maksimal 14,7 Nm di 6.500 rpm.

Tangki bensin berkapasitas 8,1 liter yang dibenamkan di skuter ini pun tergolong irit BBM. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM), All New PCX 160 hanya membutuhkan 1 liter bensin untuk menempuh perjalanan hingga 45 kilometer.

Kenyamanan jadi andalan

Berada di segmen skutik premium, kenyamanan berkendara menjadi salah satu poin utama yang akan Anda dapatkan ketika mengendarai skutik ini. Pengendara dapat menyesuaikan posisi duduk agar tidak cepat pegal.

Adanya pijakan kaki yang luas membuat kaki tidak tertekuk saat riding, melainkan terlihat seperti sedang berselonjor ke depan. Hal ini berguna agar bagian kaki pun tidak merasakan pegal ketika berkendara dalam waktu lama.

Baca Juga: All New Terios Bekas Update Harga, per April 2021 Dijual Mulai Rp 140 Jutaan

Tak lupa, raiser stang pun diberikan peredam karet untuk menahan getaran sepanjang perjalanan. Berkendara di jalanan terjal tetap terasa seperti berkendara di jalanan biasa.

Untuk kenyamanan berkendara penumpang, jarak main sokbreker belakang Honda PCX 160 pun ditingkatkan menjadi 95 mm dari 85 mm. Suspensi jadi lebih maksimal karena adanya pemindahan posisi engine mounting jadi lebih ke atas.

Keamanan dan fitur berkendara lengkap

Selain ketiga poin diatas, Honda PCX 160 juga dilengkapi dengan fitur keamanan berupa Honda Selectable Torque Control (HSTC). Fitur canggih ini mampu menyeimbangkan putaran roda depan dan belakang sehingga mencegah terjadinya selip pada ban bagian belakang.

Dukungan Honda Smart Key System dengan dukungan alarm dan answer back system mampu mencegah pencurian dan memudahkan pengendara untuk menemukan posisi motor di lokasi parkir.

Baca Juga: All New Terios Bekas Update Harga, per April 2021 Dijual Mulai Rp 140 Jutaan

Dari segi fitur, Honda PCX 160 telah mendukung USB charger type A dengan tambahan socket untuk melakukan pengisian daya. Tambahan fitur fuel tank with cup holder pun membuat pengendara tidak perlu repot memegangi tutup tangki saat isi bensin.

Untuk kapasitas bagasi, All New PCX 160 memiliki kapasitas tangki sebesar 30 liter berkat penggunaan rangka baru, sehingga pengendara dapat lebih leluasa ketika ingin membawa banyak barang bawaan.

Fitur andalan lain yang wajib ada pada skutik seperti Idling Stop System (ISS) dan smart key masih dipertahankan oleh AHM untuk melengkapi keamanan berkendara pengguna.

Honda juga menggunakan ban yang lebih lebar untuk PCX 160, dengan ukuran 110/70-14 di bagian depan dan 130/70-13 di bagian belakang. Honda PCX 160 pun tetap menggunakan rem cakram ABS di kedua roda.

Adapun All New Honda PCX dipasarkan dengan 3 tipe yaitu CBS, ABS, dan e:HEV.  Untuk tipe CBS terdapat warna wonderful white, majestic matte red, glorious matte black, dan marvelous matte gray. Sedangkan untuk tipe ABS, terdapat warna wonderful white, majestic matte red, brilliant black, dan royal matte blue.

Baca Juga: Truk Sayur Terekam Koprol Ke Jurang Bromo, Injak Jalan Amblas, Petani Teriak Histeris

Tipe ABS memiliki jok two-tone serta emblem PCX dengan warna emas untuk tampilan yang lebih mewah. Terakhir, untuk tipe e: HEV terdapat warna horizon white, yang juga memiliki jok two-tone dengan sentuhan warna biru pada emblem PCX yang semakin memberikan kesan istimewa.

 

 

 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Sheila Respati

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa