Tarif Parkir di Jakarta Bakal Naik Jadi Rp 60 Ribu/Jam, Asosiasi Parkir Setuju, Ada Tapinya

Ignatius Ferdian,Muhammad Rizqi Pradana - Senin, 21 Juni 2021 | 20:55 WIB
Soal wacana penerapan tarif parkir tinggi, Asosiasi Parkir Indonesia berharap pemerintah provinsi DKI Jakarta melibatkan pihak ini.
Tribunnews.com
Soal wacana penerapan tarif parkir tinggi, Asosiasi Parkir Indonesia berharap pemerintah provinsi DKI Jakarta melibatkan pihak ini.

Otomotifnet.com - Revisi tarif parkir Rp 60 ribu per jam atau tertinggi untuk koridor KPP (Kawasan Pengendalian Parkir) Golongan A dan Golongan B sedang dibahas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Usulan mengenai kenaikan revisi tarif parkir yang disiapkan Unit Pengelola (UP) Perparkiran DKI Jakarta pun tidak tanggung-tanggung.

Yakni Rp 60 ribu per jam untuk kendaraan roda empat dan Rp 40 ribu per jam untuk kendaraan roda dua.

Usulan tersebut Rp 60 ribu per jam itu menuai berbagai tanggapan, termasuk dari Rio Octavian selaku Ketua Indonesia Parking Association (IPA).

Rio sendiri mengaku IPA tidak keberatan dengan usulan kenaikan tarif tersebut, yang merupakan strategi pemerintah untuk mengurangi penggunaan transportasi pribadi.

Baca Juga: Kijang Innova Ditinggal Parkir, Pemilik Syok, Duit Rp 20 Juta di Kabin Lenyap

Ilustrasi parkir motor
Tribunnews.com
Ilustrasi parkir motor

“Dari asosiasi kami pastinya mendukung pemerintah, makanya untuk kenaikan tarif tadi kami tidak punya masalah,” ujarnya (20/6/2021) melalui sambungan telepon.

Hanya saja, ia mengatakan kenaikan tarif tersebut dapat mempengaruhi pelayanan yang bisa diberikan pengusaha parkir kepada para pengguna jasanya.

Pasalnya kenaikan tarif parkir jadi Rp 60 ribu per jam tersebut tidak otomatis membuat pemasukan mereka bertambah, malah bisa jadi sebaliknya.

“Meskipun jumlah pendapatan per kendaraannya akan bertambah, tapi jumlah atau minat pengguna parkir-nya pasti berkurang karena memang itu tujuan kebijakan ini,” terang Rio.

Belum lagi, mereka tetap harus mengeluarkan berbagai biaya tambahan sebelum bisa mendapatkan laba bersih.

Baca Juga: Mobil Ditarik Duit Parkir Rp 20 Ribu di Malioboro, Pejabat Dishub Jogja Bilang Itu Ilegal


Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa