Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bawa Barang Pakai Motor, Begini Tips Amannya, Enggak Pakai Susah

Fariz Ibrahim - Rabu, 30 Juni 2021 | 20:50 WIB
Membawa barang menggunakan sepeda motor gak boleh asal, agar tetap aman dan nyaman
Yamaha
Membawa barang menggunakan sepeda motor gak boleh asal, agar tetap aman dan nyaman

Otomotifnet.com -  Sepeda motor menjadi pilihan praktis masyarakat Indonesia, apalagi jika berkendara dalam jarak dekat, seperti rutinitas mengantar anak sekolah, berolahraga, belanja ke pasar, atau ke tempat kerja.

Rutinitas tersebut tidak lepas dari membawa barang dan penumpang, tapi sebaiknya tetap perlu memperhatikan faktor keselamatan.

“Dalam berkendara, terkadang kita harus membawa barang dalam jumlah dan ukuran tertentu yang melebihi kapasitas bagasi,"

"Namun, hal yang tidak boleh dilupakan pengendara adalah faktor keamanan dan keselamatan berkendara, baik bagi pengendara sendiri maupun bagi orang lain.”

“Untuk itu, Yamaha Riding Academy (YRA) akan memberikan tips berkendara, pada saat pengendara harus membawa barang,” ungkap Antonius Widiantoro, selaku Manager Public Relation & YRA PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Baca Juga: Radiator WR 155 R Aman Dipakai Trabas, Cukup Pakai Pelindung Ini

Ketika berkendara membawa barang bawaan, pengendara perlu memastikan kondisi motor harus dalam keadaan baik.

Perlu juga mengatur barang bawaan dengan posisi yang tepat agar tidak mengganggu pengendara dan orang lain.

Yamaha Riding Academy (YRA) pun membagikan 8 tips berkendara, mulai proses penempatan hingga membawa barang, berikut diantaranya:

  1. Pada saat menempatkan barang di atas motor, jika ukuran barang cukup besar, pastikan motor dalam keadaan standar tengah. Hal ini akan membuat motor lebih rata, sehingga lebih mudah mengikat barang ukuran besar.
  2. Siapkan tali pengikat yang lentur. Disarankan dari bahan karet, sehingga dapat membuat ikatan lebih kencang maksimal dan barang tidak mudah bergeser. Karena dapat mengganggu keseimbangan.
  3. Disarankan dimensi barang tidak melebihi lebar setang motor dan tinggi pengendara. Jika terlalu lebar akan sulit bermanuver dan membuat keseimbangan pengendara terganggu.
  4. Pastikan panjang barang bawaan tidak melebihi atau menutupi lampu belakang. Agar pengendara lain dapat tetap melihat signal lampu dari motor.
  5. Untuk motor matik, jika barang bawaan kecil sebaiknya simpan di bawah jok atau sisi kaki depan pengendara. Posisi barang seperti ini akan lebih mudah dikontrol pengendara.
  6. Jika membawa barang menggunakan tas backpack, perhatikan dimensi tas yang aman agar tindak mengganggu fleksibilitas pengendara.
  7. Hindari membawa barang yang berat bersama penumpang. Hal ini akan mengurangi keseimbangan berkendara karena kelebihan beban (overload)
  8. Jika barang bawaan cukup banyak, lebih baik diangkut beberapa kali, atau gunakan alternatif kendaraan lain yang lebih besar. 

Baca Juga: Yamaha WR 155 R Dijual Versi Supermotonya, Bebas Pilih Warna, Sikatt..

Yamaha Gear 125 dilengkapi double hook untuk memudahkan membawa barang bawaan
Yamaha
Yamaha Gear 125 dilengkapi double hook untuk memudahkan membawa barang bawaan

Editor : Toncil

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa