Enggak Tiap Hari, Crowd Free Night di 4 Jalan Jakarta Hanya Berlaku di Akhir Pekan

Ferdian - Selasa, 7 September 2021 | 17:30 WIB
Sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin
Vedhit/GridOto.com
Sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin

Otomotifnet.com - Bersamaan dengan perpanjangan PPKM di Jakarta sampai 13 September 2021, Ditlantas Polda Metro Jaya juga memberlakukan crowd free night.

Crowd free night diberlakukan guna menekan mobilitas masyarakat di Jakarta.

Yang perlu dicatat, aturan tersebut diberlakukan pada akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu.

"Untuk pelaksanaan crowd free night itu malam Sabtu, malam Minggu, dan malam libur lain," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya (6/9/2021).

Sambodo menambahkan, crowd free night merupakan upaya tambahan untuk menekan mobilitas masyarakat setelah diberlakukan sistem ganjil genap di tiga ruas jalan di Jakarta.

"Pembatasan mobilitas baik dengan metode ganjil genap, kami tambah dengan crowd free night itu kami laksanakan paling tidak sampai dengan seminggu ke depan," ucap Sambodo.

Baca Juga: Kerap Terjadi Pelanggaran, Empat Jalan di Jakarta Ini Diterapkan Crowd Free Night

Adapun Ditlantas Polda Metro Jaya memberlakukan crowd free nightdi empat titik jalan di Jakarta, yakni Jalan Jenderal Sudirman-Thamrin, SCBD, Kemang Raya, dan Asia-Afrika.

Waktu pemberlakuan crowd free night di empat ruas jalan tersebut dibagi menjadi dua tahap, yakni pukul 22.00-24.00 WIB dan 24.00-04.00 WIB.

Untuk penerapan waktu crowd free night pertama dilakukan dengan filterisasi kendaraan baik pribadi maupun komunitas.

Dengan demikian, bagi pengendara yang tergabung dalam komunitas, terlebih menggunakan kendaraan dengan knalpot bising, tidak diperbolehkan melintas.

Sementara itu, untuk waktu crowd free night pukul 24.00-04.00 WIB hanya diperbolehkan untuk kendaraan darurat, tamu hotel, dan warga penghuni di jalan yang diberlakukan aturan tersebut.

Sumber: https://megapolitan.kompas.com/read/2021/09/06/21593871/crowd-free-night-di-4-jalan-jakarta-hanya-diberlakukan-pada-akhir-pekan


Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa