Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganjil Genap Diberlakukan di Pintu Tol Masuk Bandung, Khusus Akhir Pekan

Ferdian - Selasa, 14 September 2021 | 17:00 WIB
Penjagaan sistem ganjil genap di simpang Cileunyi, kabupaten Bandung, Jawa Barat
TribunJabar.id/Lutfi AM
Penjagaan sistem ganjil genap di simpang Cileunyi, kabupaten Bandung, Jawa Barat

Otomotifnet.com - Pemberlakuan aturan ganjil genap di sejumlah akses pintu tol Bandung kembali diterapkan akhir pekan ini, sejalan dengan efektivitas menekan mobilitas.

Dalam keterangannya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung bersama Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung melakukan penyekatan mulai Jumat-Minggu (17-19 September 2021).

"Secara teknis, cara bertindak ganjil genap yang akan berlaku tak berubah dengan yang diterapkan pekan lalu. Aturan dilakukan dalam dua shift yaitu pukul 06.00-14.00 WIB dan 14.00-21.00 WIB," kata Asep Kuswara, Kepala Bidang Pengendalian Dan Ketertiban Dishub Kota Bandung (13/9/2021).

"Berdasarkan hasil evaluasi, pola serupa yang dilakukan kemarin cukup efektif terhadap tercapainya penurunan mobilitas termasuk kepadatan lalu lintas kendaraan di dalam Kota Bandung. Persentase penurunan mobilitas di setiap tol ada yang mencapai 4 persen, 2,5 persen, bahkan 5 persen," lanjutnya.

Selama penerapan pekan lalu (10-12 September 2021), ia mencatat total ada 4.518 unit kendaraan yang berhasil diputar balik oleh petugas. Jumlah ini turun dari periode sebelumnya yang mencapai 4.274 unit.

Baca Juga: Ganjil Genap di Puncak Diklaim Efektif, Mampu Batasi Volume Kendaraan

"Jadi, total kendaraan dari lima gate itu 19.670 yang diperiksa, yang diputar balik 4.518, yang diperbolehkan melintas 10.458, kendaraan yang dikecualikan 4.694," ujar Asep.

Lima gerbang tol terkait ialah Tol Pasteur, Tol Pasirkoja, Tol Kopo, Tol Moch Toha, dan Tol Buahbatu.

Adapun kendaraan yang dikecualikan, kata dia, yaitu ambulans, pelat merah, kendaraan TNI, jasa marga dan angkutan umum baik online maupun yang biasa.

Dishub mengimbau agar masyarakat dapat mematuhi arahan yang diberikan petugas di lapangan.

Hal itu penting dilakukan demi kepentingan bersama dalam upaya memutus rantai penularan Covid-19 di Kota Bandung.

Mengenai rencana penerapan ganjil genap di dalam Kota, Asep mengaku kini belum ada perbincangan lebih lanjut, menunggu hasil rapat terbatas bersama forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda).

Sumber: https://otomotif.kompas.com/read/2021/09/14/082200115/ganjil-genap-di-pintu-tol-masuk-bandung-kembali-berlaku-akhir-pekan

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa