Hyundai Dan LG Mulai Bangun Pabrik Sel Baterai di Karawang, Target Selesai 2023

Ferdian,Muhammad Rizqi Pradana - Rabu, 15 September 2021 | 20:50 WIB
Hyundai dan LG mulai pembangunan pabrik sel baterai kendaraan listrik di Karawang, Jawa Barat pada hari ini, Rabu (15/9/2021).
YouTube Sekretariat Presiden
Hyundai dan LG mulai pembangunan pabrik sel baterai kendaraan listrik di Karawang, Jawa Barat pada hari ini, Rabu (15/9/2021).

Otomotifnet.comHyundai Motor Group dan LG Energy Solution sudah melakukan prosesi peletakan batu pertama dari pabrik sel baterainya di Indonesia (15/9/2021).

Acara tersebut, secara resmi menandakan dimulainya pembangunan pabrik sel baterainya yang bertempat di Karawang, Jawa Barat tersebut.

Sejak prosesi peletakan batu pertama, pabrik sel baterai milik dua raksasa industri Korea Selatan tersebut ditargetkan selesai dibangun dua tahun kemudian.

Yaitu pada semester pertama 2023 nanti, sebelum memulai proses produksi sel baterai secara penuh pada 2024.

Nantinya, fasilitas tersebut ditargetkan dapat memproduksi 10 GWh sel baterai lithium-ion dengan bahan katoda NCMA (nikel, kobalt, mangan, aluminium) setiap tahunnya.

“Hyundai Motor Group terus fokus mengembangkan kemampuannya agar dapat menjadi pemimpin global di pasar kendaraan listrik, yang mana menjadi kunci daya saing di masa depan," ungkap Euisun Chung, Chairman Hyundai Motor Group dalam siaran resmi yang diterima (15/9/2021).

"Dan keberadaan pabrik ini adalah bagian dari upaya tersebut,” tambahnya.

Baca Juga: Munculnya Mobil Listrik Nissan Leaf Ditanggapi Hyundai, Sebut Bukan Buat Bersaing

Hyundai dan LG mulai pembangunan pabrik sel baterai mobil listrik di Indonesia, target rampung awal 2023.
YouTube/Sekretariat Presiden
Hyundai dan LG mulai pembangunan pabrik sel baterai mobil listrik di Indonesia, target rampung awal 2023.

Euisun berharap, pembangunan pabrik kerjasama perusahaannya dengan LG Energy Solution tersebut bisa turut membangun ekosistem kendaraan listrik dan industri terkait.

Hingga nantinya, Indonesia dapat memainkan peran penting di pasar kendaraan listrik di ASEAN.

Sementara Jong-hyun Kim selaku President and CEO LG Energy Solution mengatakan, peletakan batu pertama dari pabrik sel baterai tersebut merupakan langkah besar dalam memulai industrik kendaraan listrik di Indonesia.

“Bersama-sama, melalui kemitraan joint venture ini, kita telah selangkah lebih maju dalam membangun rantai pasokan komprehensif kendaraan listrik yang pertama di dunia.” ujar Kim dalam kesempatan yang sama.


Editor : Panji Nugraha
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa