Bukan Main, Pabrik Baterai Hyundai Bisa Penuhi Permintaan 150 Ribu Baterai Mobil Listrik

Harryt MR - Jumat, 30 Juli 2021 | 16:20 WIB
(Dari kiri) Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi Indonesia / Sung Hwan Cho, Presiden dan CEO Hyundai Mobis / Jong Hyun Kim, Presiden dan CEO LG Energy Solution / Toto Nugroho, Presiden Direktur Indonesia Battery Corporation (IBC)
Hyundai
(Dari kiri) Bahlil Lahadalia, Menteri Investasi Indonesia / Sung Hwan Cho, Presiden dan CEO Hyundai Mobis / Jong Hyun Kim, Presiden dan CEO LG Energy Solution / Toto Nugroho, Presiden Direktur Indonesia Battery Corporation (IBC)

Otomotifnet.com - Pabrik baterai Hyundai di Karawang, Jabar bakal dibangun di atas lahan seluas 330.000 meter persegi. Tentunya ini menjadi tonggak sejarah di industri otomotif nasional.

Ketika beroperasi penuh, fasilitas ini diharapkan menghasilkan sel baterai lithium-ion NCMA dengan total 10 GWh setiap tahunnya.

Bahkan melalui laporan tertulisnya, Hyundai menekankan bahwa pabrik baterainya mampu memenuhi kebutuhan lebih dari 150.000 unit baterai mobil listrik.

Sebagai catatan, pabrik sel baterai tersebut, merupakan hasil prakarsa dari Konsorsium Hyundai, yang terdiri atas Hyundai Motor Company, KIA Corporation, Hyundai Mobis, dan LG Energy Solution.

 Baca Juga: Wah Mantap! Hyundai dan LG Sepakat Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Indonesia, Mulai Produksi 2024

Bekerja sama dengan PT Industri Baterai Indonesia, atau yang dikenal juga dengan nama Indonesia Battery Corporation (IBC).

Pabrik sel baterai Electric Vehicle (EV) menelan investasi kurang lebih USD1,1 miliar (setara Rp 15,928 triliun, kurs Rp 14.480 per 29 Juli 2021). Rencananya sanggup menyerap sekitar 1.000 orang tenaga kerja.

Sel baterai yang diproduksi oleh pabrik Hyundai di Karawang akan digunakan pada model EV dari Hyundai Motor dan Kia yang dibangun di atas platform BEV khusus Hyundai Motor Group, yaitu Electric-Global Modular Platform (E-GMP).

“Pabrik baru ini akan membantu Hyundai dan Kia memproduksi kendaraan dengan efisiensi, kinerja, dan keamanan tinggi,”


Editor : Toncil

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa