Rekor! Motor Listrik BL SEV01 Digeber Dari Jakarta Sampai Mandalika

Harryt MR - Sabtu, 2 Oktober 2021 | 23:20 WIB
Touring motor listrik BL-SEV01 Jakarta-Mandalika sejauh 1.340 km
Universitas Budi Luhur
Touring motor listrik BL-SEV01 Jakarta-Mandalika sejauh 1.340 km

Otomotifnet.com - Motor listrik garapan mahasiswa Universitas Budi Luhur Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01), sukses melakukan touring Jakarta-Mandalika (Lombok, Nusa Tenggara Barat).

Kegiatan touring mahasiswa Budi luhur tersebut dilakukan dalam agenda test ride motor listrik BL-SEV01. Sekaligus memecahkan rekor motor listrik pertama karya anak bangsa yang berhasil melakukan perjalanan sejauh 1.340 km.

Serta menjadi bukti konsistensi Universitas Budi Luhur menciptakan kendaraan listrik untuk masa depan yang ramah lingkungan dan hemat.

“Touring Jakarta–Mandalika merupakan proses pembelajaran secara praktik bagi dosen dan mahasiswa Universitas Budi Luhur, khususnya Fakultas Teknik Elektro,”

Baca Juga: Prioritas Riset Nasional, Genjot Pembuatan Baterai Pouch Motor Listrik

“Pengujian jarak jauh ini sangat dibutuhkan motor listrik BL-SEV01 untuk ketahanan baterai dan performa,” papar Sujono, ST, MT, Kepala Pusat Studi Kendaraan Motor Listrik Universitas Budi Luhur (UBL).

Masih menurutnya, sepanjang perjalanan, tim UBL mengambil data teknis dari BL-SEV01 terhadap kontur jalan di Indonesia yang beragam. Mulai dari jalanan rata, jalan rusak, sampai jalur pegunungan.

BL-SEV01 untuk perjalanan kali ini dibekali motor listrik BLDC (Brush Less Direct Current) 96 Volt, dengan tenaga maksimal mencapai 16 kW.

Didukung baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Catatan resmi pihak UBL menunjukan, BL-SEV01 bisa melaju hingga 140 kilometer untuk sekali pengisian baterai, dengan waktu pengisian 4 jam.


Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa