Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Minyak Rem Perhatikan Spesifikasi Ini, Agar Terhindar Dari Rem Blong

Andhika Arthawijaya - Rabu, 3 November 2021 | 22:25 WIB
Ilustrasi minyak rem mobil
Dok. OTOMOTIF
Ilustrasi minyak rem mobil

Otomotifnet.com - Saat akan melakukan penggantian minyak rem, sangat disarankan untuk memperhatikan spesfikasinya, terutama angka DOT-nya.

Tentunya disesuaikan dengan rekomendasi pabrik untuk mobil kita, jangan asal beli.

Karena bila tidak sesuai spesifikasi yang dianjurkan, efeknya bisa membuat kinerja sistem pengereman jadi tidak maksimal, bahaya!

Umumnya minyak rem yang bagus itu tahan terhadap suhu tinggi, mempunyai kemampuan pelumasan yang baik, tidak cepat menimbulkan endapan, korosi dan sebagainya.

Baca Juga: Banyak Kasus Kecelakaan Akibat Rem Blong, Ini Deretan Penyebabnya!

Nah, lazimnya mekanik bengkel saat mengganti minyak rem, berpatokan pada standarisasi DOT (Departement Of Transportation) yang dianjurkan pabrikan untuk mobil tersebut, misalnya DOT 3, DOT 4 atau DOT 5.

Masing-masing kode DOT ini juga menerangkan standar titik didihnya atau boiling point, berdasarkan sertivikasi dari Federal Motor Vehicle Safety Standar (FMVSS).

Untuk minyak rem DOT 3 minimal titik didihnya mencapai 205º Celcius, lalu DOT 4 bisa sampai 240º Celcius, dan DOT 5 maupun DOT 5.1 mencapai 260º Celcius. 

Jadi bisa Anda bayangkan bila sebuah mobil standarnya pakai minyak rem DOT 4, lalu diganti dengan yang DOT 3, untuk ngerem biasa sih ya bisa-bisa saja.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa