Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Batal Tahun Baruan Nih, Jalur Puncak Bogor Ditutup di Akhir Tahun 2021

Ferdian - Rabu, 8 Desember 2021 | 19:10 WIB
Foto ilustrasi kepadatan arus lalu lintas di Puncak Bogor
Tribun Jabar
Foto ilustrasi kepadatan arus lalu lintas di Puncak Bogor

Otomotifnet.com - Untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan atau mobilitas warga ketika libur Nataru, Polres Bogor berencana menutup total jalur Puncak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Jika mengacu tahun sebelumnya, jalur Puncak Bogor ditutup selama 12 jam mulai tanggal 31 Desember sore sampai tanggal 1 Januari keesokan harinya.

Kapolres Bogor AKBP Harun mengatakan, rencana penutupan ini dilakukan dengan maksud menekan mobilitas warga saat libur panjang.

Karena di masa-masa liburan itu kasus positif Covid-19 berisiko meningkat.

"(Jalur puncak) bisa memungkinkan untuk ditutup total, sambil kita lihat hasil kebijakan pusat bagaimana," kata Harun di Mapolres Bogor, Cibinong, Kabupaten Bogor (7/12/2021).

Harun menyebut bahwa untuk mengantisipasi hal itu, pihaknya sudah memberlakukan kebijakan ganjil genap (gage) di jalur Puncak dan Sentul setiap akhir pekan.

Bahkan, nantinya polisi bakal menambah pos-pos pengamanan untuk Nataru.

Baca Juga: Beneran Batal Liburan Nih, Ada Opsi Penutupan Jalur di Puncak Bogor

Rencana kebijakan penutupan itu akan dilakukan selama 12 jam, mulai pada malam pergantian tahun hingga keesokan harinya.

"Sekarang saja sudah mulai kita antisipasi seperti biasanya penerapan gage setiap akhir pekan dan mungkin nanti akan kita tambahkan pos pengamanan terkait Nataru ini," ujarnya.

"Secara teknisnya gimana, itu kita masih koordinasikan dengan Bogor Raya dan dengan pusat juga bagaimana penerapan aturannya. Nanti kita selaraskan," imbuh Harun.

Ia menyampaikan bahwa seiring dilonggarkannya sejumlah aturan pada PPKM, wisatawan dari luar Bogor yang keluar dan masuk ke Puncak cenderung berkurang sejauh ini.

Berbeda dari awal-awal PPKM, sambung dia, mobilitas kendaraan yang datang ke kawasan Puncak Bogor sangat tinggi.

Namun, saat ini justru cenderung berkurang sehingga volume kendaraan bisa terkendali.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa