Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Catat! Ini Syarat Terbaru Pergi ke Luar Daerah Saat Libur Nataru, Wajib Sudah Vaksin 2 Kali

Ferdian - Minggu, 12 Desember 2021 | 16:20 WIB
Penyekatan di jalan tol
Jasa Marga
Penyekatan di jalan tol

Otomotifnet.com - Pada masa libur Natal dan Tahun Baru, Pemerintah merevisi aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Rencananya pada saat libur Nataru, Pemerintah akan menerapkan PPKM level 3 di seluruh Indonesia mulai 24 Desember 2021 - 2 Januari 2022.

Aturan pelaksanaan ini tertuang dalam Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021.

Namun dalam perkembangannya, keputusan tersebut diubah, dan pemerintah menerbitkan Inmendagri Nomor 66 Tahun 2021 yang sekaligus merevisi serta mencabut Inmendagri Nomor 62 Tahun 2021.

Dalam keterangannya, Mendagri Tito Karnavian mengatakan, rencana PPKM Level 3 yang dibatalkan pemerintah diganti dengan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Masa Nataru.

Tito menyebut, kebijakan tersebut diubah agar pembatasan yang diterapkan pada masa Natal dan Tahun Baru berlaku secara spesifik selama 24 Desember 2024 hingga 2 Januari, tergantung situasi di masing-masing daerah.

"Penerapan Level 3 tidak dilakukan di semua wilayah karena kalau menggunakan istilah Level 3 nanti (berlaku) di semua wilayah, sehingga judulnya diganti dengan pembatasan kegiatan masyarakat di masa Nataru, 24 Desember sampai dengan 2 Januari, nah itu spesifik," kata Tito.

Baca Juga: Jangan Senaknya, PPKM Level 3 Memang Batal, Tapi Syarat Perjalanan Tetap Ada

Dalam Inmendagri Nomor 66 Tahun 2021 diktum Kesatu huruf j, tertuang aturan terbaru mengenai syarat perjalanan jarak jauh di masa libur nataru, yakni sebagai berikut:

Mengoptimalkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa