Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tarif Tol Simpang Susun Tomang-Tangerang-Cikupa Naik, DPR Langsung Lempar Kritik

Ferdian - Selasa, 28 Desember 2021 | 18:20 WIB
Gerbang Tol Tomang
Jasa Marga
Gerbang Tol Tomang

Otomotifnet.com - Tarif Tol Simpang Susun Tomang-Tangerang-Cikupa mengalami kenaikan pada Minggu (26/12/2021).

Keputusan tersebut tertuang dalam Kepmen PUPR Nomor 1527/KPTS/M/2021 tentang Penyesuaian Tarif Tol Pada Ruas Jalan Tol Simpang Susun Tomang-Tangerang Barat-Cikupa.

Kenaikan tarif sebesar Rp 500 untuk semua golongan ini tentu memberikan dampak kepada pengguna Jalan Tol Jakarta-Tangerang.

Mengingat tarif Tol Jakarta-Tangerang turut mengalami kenaikan pada saat yang bersamaan.

Adanya kenaikan tarif Tol Simpang Susun Tomang-Tangerang-Cikupa pun menarik perhatian anggota Komisi V DPR RI, Suryadi Jaya Purnama.

Ia tidak memungkiri jika penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali dengan melihat pengaruh laju inflasi daerah.

Kendati demikian, hanya pangaruh laju inflasi saja yang dijadikan indikator untuk menaikkan tarif tol.

Baca Juga: Siap-siap Isi Kartu E-Toll, Tarif Tol Jakarta-Tangerang Naik Jadi Segini

Padahal ada indikator lain yang tertuang dalam Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Perubahan Kedua atas Undang-undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan yang sudah diresmikan menjadi UU pada Kamis (17/12/2021).

"Pada Pasal 48 ayat 3 tertulis bahwa penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan pegaruh laju inflasi dan evaluasi terhadap pemenuhan (SPM) Standar Pelayanan Minimal jalan tol," kata Suryadi (27/12/2021).

Berdasarkan hal ini, Suryadi pun meminta adanya pemenuhan SPM jalan tol terlebih dulu sebelum dilakukan penyesuaian tarif.

Adapun SPM yang dimaksudnya tertulis dalam pasal 51A ayat 2 meliputi kondisi jalan tol, prasarana keselamatan dan keamanan, serta prasarana pendukung layanan bagi pengguna jalan tol.

"Kemudian pada padal 51A ayat 6 disebutkan bahwa hasil evaluasi SPM jalan tol tersebut merupakan informasi publik," lanjutnya.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa