Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tahun 2030, 120 Juta Unit Motor Swap Engine, Ternyata Karena Ini

Toncil - Jumat, 18 Maret 2022 | 18:20 WIB
Melakukan turing dengan motor hasil konversi ke listrik
Od
Melakukan turing dengan motor hasil konversi ke listrik

Otomotifnet.com - Dibilang sunday morning ride (sunmori) ya enggak tepat, karena riding-nya Kamis (17/3/2022). 

Udah gitu eksklusif banget karena rutenya sekitaran ring 1 alias kawasan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.  Tambah bingungin karena joyride ini terbilang hening dan tanpa asap knalpot.  Acara riding apa sih ini?

Ternyata, itu acara parade motor bertajuk ‘Parade dan Seremoni. Konversi Sepeda Motor BBM ke Listrik’ gawean Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Kementerian Energi dan  Sumber Daya Mineral (KESDM) RI.   

Ada 100 motor yang ikutan parade, dipimpin langsung Menteri  ESDM, Arifin Tasrif, dan diikuti jajaran pejabat di lingkup Kementerian ESDM beserta undangan.

Baca Juga: Motor Listrik Lokal Bakal Cari Perhatian Di MotoGP Mandalika, Bidik Investor Hingga Ekspor

Acara tersebut merepresentasi komitmen KESDM dalam mengemban amanah penurunan emisi. “Tertuang dalam UU No. 16 tahun 2016 tentang Pengesahan Paris Agreement, United Nations Framework Convention on Climate Change,” ujar Ego Syahrial, Sekretaris Jenderal KESDM.  Lebih lanjut, Ego menyebut Perpres No. 25 tahun 2019 tentang Percepatan Motor Listrik Berbasis baterai sebagai akeselerator inisiatifnya.

Alhasil, mulai 2021, 100 motor “pelat merah” di-swap engine menggunakan motor listrik buatan anak bangsa alias tim dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Ketenagalistrikan (P3Tek) di bawah Ditjen EBTKE.

Tanda tangan kerja sama konversi motor listrik
Od
Tanda tangan kerja sama konversi motor listrik

Kit konversi dapur pacu sudah mendapat sertifikasi dari Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub. 

Yang lebih dahsyat,  karena Menteri Arifin punya cita-cita besar di 2030 untuk mengonversi 120 juta unit motor di Tanah Air,  maka ‘anak bengkel’ kementerian ESDM mengajak kolaborasi bengkel umum.  

Editor : Toncil

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa