Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mending Atur Jadwal, Hindari Mudik Tanggal 28-29 April, Diprediksi Macet Parah

Ferdian - Senin, 18 April 2022 | 14:15 WIB
Ilustrasi kepadatan lalu lintas mudik Lebaran 2022
Korlantas
Ilustrasi kepadatan lalu lintas mudik Lebaran 2022

Otomotifnet.com - Buat yang mudik tanggal 28-29 April 2022, mending ganti jadwal dulu.

Berdasar hasil survei, dari 85,5 juta orang yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran, 47 persen diantaranya akan menggunakan jalur darat, baik pakai kendaraan pribadi dan juga bus.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, memperkirakan jumlah pemudik yang berangkat dari wilayah Jabodetabak tercatat sebanyak 14,3 juta orang.

Jumlah tersebut naik 45 persen dibanding 2019 atau sebelum pandemi.

Untuk itu, Budi mengimbau masyarakat tak melakukan perjalanan secara bersamaan pada masa prediksi puncak, melainkan mengambil alternatif dengan berangkat lebih awal guna menghindari kepadatan.

"Lakukanlah perjalanan lebih awal sekitar 25-27 April 2022 dan menghindari berangkat pada 28-29 April 2022 yang diprediksi menjadi puncak mudik. Ini dilakukan agar pergerakan lebih tersebar dan mengurangi kepadatan di satu hari tertentu," kata Budi dalam keterangan resminya (18/4/2022).

Terkait transportasi kesiapan bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP), Budi meminta agar benar-benar mempersiapkan armada dengan baik.

Selain dari aspek kesehatan, keselamatan juga harus jadi perhatian utama.

Budi ikut meminta masyarakat yang mudik menggunakan motor untuk mengurungkan niatnya, dan beralih menggunakan program mudik gratis yang sudah diselenggarakan pemerintah, BUMN, dan swasta.

Seperti diketahui, Kemenhub telah menyiapkan 700 bus yang siap membawa 21.000 penumpang dari Jakarta ke 24 kota tujuan di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa