Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jelang Libur Tahun Baru Islam, Ganjil Genap di Puncak Bogor Diberlakukan

Ferdian - Jumat, 29 Juli 2022 | 17:55 WIB
Jalur Puncak Bogor dilakukan sistem satu arah untuk meminimalisir kemacetan.
ntmcpolri.info
Jalur Puncak Bogor dilakukan sistem satu arah untuk meminimalisir kemacetan.

Otomotifnet.com - Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, Jawa Barat memastikan, selama libur nasional, aturan ganjil genap tetap diberlakukan, dimulai pada Jumat (29/7/2022) sore.

Aturan ini sehubungan dengan Kemenag yang memutuskan libur tahun baru Islam atau 1 Muharram 1444 H jatuh pada Sabtu (30/7/2022).

"Untuk pelaksanaan ganjil genap masih sama, dimulai Jumat sore besok, dilanjut Sabtu dan Minggu (31/7/2022) pagi," ucap Kepala Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (Kanit Turjawali) Lantas Polres Bogor, Ipda Ardian (28/7/2022).

Ardian menyebut, kebijakan ganjil genap ini diberlakukan di pintu masuk Puncak Bogor atau Simpang Gadog, tepatnya di Exit GT Ciawi, Kabupaten Bogor.

Kebijakan itu juga sudah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Republik Indonesia Nomor PM 84 Tahun 2021 tentang pengaturan lalu lintas di Ruas Jalan Nasional Ciawi Puncak Bogor.

Dalam peraturan ini, pada hari libur nasional ganjil genap diberlakukan mulai H-1 sampai dengan hari libur nasional pukul 24.00 WIB.

Hari berikutnya atau Minggu (31/7/2022) pagi, ganjil genap kembali dilanjutkan.

Pada Minggu pagi, pola rekayasa lalu lintas satu arah atau one way juga akan diterapkan.

Namun, penerapan skema satu arah atau one way tersebut sifatnya kondisional alias melihat kondisi lapangan saja.

Adapun aturan ganjil genap masih tetap sama seperti sebelumnya. Tanda nomor kendaraan angka terakhir yang akan diperiksa.

Ardian menegaskan, bagi kendaraan yang tidak sesuai dengan tanggal di kalendar ganjil dan genap, maka akan dilarang melintasi kawasan Puncak Bogor.

"Jadi bagi pengendara yang mau melintas atau berlibur ke Puncak Bogor harus menyesuaikan waktu keberangkatan dengan ketentuan ganjil genap ini, kalau tidak sesuai maka akan diputarbalik oleh petugas," jelas Ardian.

Baca Juga: Lihat Kalender, Puncak Bogor Ada Penerapan Ganjil Genap, Enggak Semua Bisa Lewat

Sumber: https://bandung.kompas.com/read/2022/07/29/084307278/libur-tahun-baru-islam-ganjil-genap-di-puncak-bogor-berlaku-mulai-jumat-sore

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa