Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Enggak Ngebul Hitam Lagi, 3.000 Unit Bus Transjakarta Bakal Dikonversi Jadi Listrik

Irsyaad W - Jumat, 19 Agustus 2022 | 16:30 WIB
Layanan bus listrik Transjakarta beroperasi setiap hari, mulai pukul 10.00–20.00 WIB, dengan headway atau jarak keberangkatan	setiap 45 menit sekali
Transjakarta
Layanan bus listrik Transjakarta beroperasi setiap hari, mulai pukul 10.00–20.00 WIB, dengan headway atau jarak keberangkatan setiap 45 menit sekali

Otomotifnet.com - Bus Transjakarta bakal enggak ngebul hitam lagi dari knalpot.

Karena 3.000 unit bus Transjakarta bermesin diesel dan CNG bakal dikonversi listrik.

Hal ini setelah PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) sudah teken kontrak dengan PT VKTR Teknologi Mobilitas, anak perusahaan PT Bakrie & Brothers Tbk.

Direktur Utama PT VKTR Teknologi Mobilitas, Gilarsi W. Setijono mengatakan, tahap awal kerja sama akan menghasilkan prototype bus retrofit oleh PT Transjakarta.

"Kerjasama ini menetapkan Transjakarta sebagai pihak yang menyediakan bus konvensional dengan motor bakar (ICE – Internal Combustion Engine) kemudian direkayasa melalui proses konversi oleh VKTR menjadi bus berteknologi listrik," ungkap Gilarsi, (18/8/22).

Gilarsi menambahkan, pihaknya telah berinvestasi secara langsung di Equipmake Limited, perusahaan teknologi pengembangan berbagai jenis kendadaan listrik yang berpusat di Snetterton, Norfolk, Inggris.

"Bersama Equipmake, kami akan memproduksi bus retrofit yang akan digunakan dalam uji coba yang diperkirakan akan berlangsung selama tiga bulan ke depan," tambahnya.

VKTR nantinya akan melakukan pendataan terkait performa kendaraan, mencakup efisiensi energi, jarak tempuh, kualitas dan kinerja baterai.

Selain itu, VKTR juga menyediakan infrastruktur pengisian listrik yang diperlukan untuk mendukung pengoperasian bus retrofit tersebut.

Sementara Direktur Utama PT Transjakarta, M. Yana Aditya mengatakan, pihaknya mendukung kerja sama strategis demi terciptanya lingkungan hijau khususnya di Ibu Kota.

Yana berharap, ujicoba ini dapat berhasil dan segera bisa dilaksanakan secara penuh untuk me-retrofit sekitar 3.000 uit bus Transjakarta yang kini masih beroperasi menggunakan tenaga diesel dan CNG.

"Ini akan menjadi salah satu bagian penting dalam sejarah transportasi umum berbasis listrik di Jakarta," ungkapnya.

Baca Juga: Tarif Integrasi Rp 10 Ribu Belum Berlaku Buat Transjakarta Rute Non-BRT

Sumber: https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/08/19/akselerasi-electric-vehicle-bus-transjakarta-akan-konversi-menjadi-tenaga-listrik

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa