Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Vivo Bisa Jual BBM Lebih Murah dari Pertalite, Pertamina Komentar Begini

Ferdian - Senin, 5 September 2022 | 12:50 WIB
Ilustrasi SPBU Vivo
naufal/GridOto
Ilustrasi SPBU Vivo

Otomotifnet.com - PT Pertamina angkat bicara terkait ramainya di media sosial terkait adanya SPBU swasta yang bisa jual BBM lebih murah dari Pertalite meski tanpa subsidi dari pemerintah.

Sekretaris Perusahaan Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, mengungkapkan bahwa BBM yang dijual SPBU Vivo dengan harga Rp 8.900 per liter tersebut beda dengan Pertalite.

"BBM yang dijual oleh Vivo merupakan jenis bahan bakar umum, sehingga masing masing badan usaha yang menentukan harga ecerannya sesuai dengan formula batas atas yang ditentukan Kementerian ESDM," jelas Irto (5/9/2022).

Selain itu, sambungnya, hal tersebut tidak akan mempengaruhi penjualan Pertalite milik Pertamina di tengah kenaikan harga.

Irto bilang, SPBU Vivo, sama seperti perusahaan-perusahaan lain yang menjual BBM di Indonesia, masih harus mengikuti regulasi formula batas atas dari Kementerian ESDM.

Menurutnya, BBM jenis Pertalite mengandung bahan bakar khusus, sehingga harga jualnya menjadi kewenangan pemerintah.

Terlebih, Pertalite juga disubsidi APBN.

"BBM Pertamina Pertalite merupakan jenis bahan bakar minyak khusus penugasan yang harganya sudah ditentukan oleh pemerintah dan harganya sama di seluruh Indonesia," ucapnya.

Seperti diketahui, saat ini satu-satunya jenis BBM bensin yang harganya masih di bawah Pertalite yakni Vivo Revvo 89 yang masih dijual dengan harga Rp 8.900 per liter.

SPBU yang namanya mirip dengan merek ponsel China ini menyalurkan BBM non-subsidi dan hanya menjual BBM jenis umum.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa