Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kamera ETLE Makin Pintar, Mobil-Motor Belum Bayar Pajak Jangan Keliaran

Ferdian - Sabtu, 14 Januari 2023 | 18:40 WIB
ETLE sudah terpasang jalan Daan Mogot
Tribunnews.com
ETLE sudah terpasang jalan Daan Mogot

Otomotifnet.com - Tilang elektronik atau ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) kini makin pintar.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan mengatakan kemampuan ETLE dalam menangkap pelanggaran lalu lintas memang terus ditingkatkan.

“Kita terus menambah kepintaran kamera kita, awalnya kan hanya 7 pelanggaran yang bisa di-capture oleh kamera kita,” ujar Aan kepada wartawan di Jakarta (11/1/2023).

“Sekarang artificial intelligence kita tambah terus, sehingga sekarang sudah 16 pelanggaran yang bisa kita capture. Termasuk pengesahan STNK, kita capture di TNKB, yang belum disahkan atau belum bayar pajak, ini bisa kita capture,” katanya.

Menurutnya, penindakan lewat tilang elektronik menjadi sebuah keniscayaan di tengah kemajuan teknologi dan disrupsi digital.

Meski begitu, penegakan hukum melalui tilang manual juga bisa dilakukan, khususnya kepada beberapa jenis pelanggaran yang belum tertangkap ETLE.

“Ini akan terus dikembangkan, kita kolaborasi dengan stakeholder maupun pemerintah daerah untuk mengadakan ETLE. Karena kepentingannya juga untuk daerah. Masyarakat tertib, daerah yang dapat untungnya. Begitu juga masyarakat bayar pajak, akan ke daerah,” ucap Aan.

“Sehingga mudah-mudahan mendekati ideal. Ideal maksudnya semua titik bisa kita pasang kamera ETLE,” ujarnya.

Baca Juga: Mobil Polisi Ini Bikin Pelanggar Kocar-kacir, Parkir Seenaknya Auto Dipotret

Sumber: https://otomotif.kompas.com/read/2023/01/13/162100615/makin-pintar-kamera-etle-bisa-baca-kendaraan-yang-belum-bayar-pajak

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa