Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pendaftar BBM Subsidi MyPertamina Tembus 5 Juta, Pertalite Mendominasi

Ferdian - Rabu, 1 Maret 2023 | 16:35 WIB
Pendaftar MyPertamina sudah lebih dari 5 juta kendaraan.
Dok.Pertamina
Pendaftar MyPertamina sudah lebih dari 5 juta kendaraan.

Otomotifnet.com - Pendaftaran BBM subsidi yakni Solar dan Pertalite tembus 5 juta kendaraan sampai akhir Februari 2023.

Irto Ginting, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga menjelaskan, dari lebih 5 juta unit kendaraan yang didaftarkan didominasi kendaraan yang menggunakan Pertalite.

Totalnya untuk kendaraan mesin bensin yang menggunakan Pertalite jumlahnya mencapai 54 persen.

Sementara pengguna Solar subsidi mencapai 46 persen.

"Dari data tersebut, untuk pengguna Pertalite yang mendaftar 80 persen didominasi oleh pengguna pribadi. Sedangkan untuk Solar komposisinya cukup seimbang antara pengguna pribadi maupun kendaraan umum," ucap Irto dalam keterangan resminya (28/2/2023).

Meski belum ada revisi terkait Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 Tahun 2014 yang bakal menjadi acuan untuk pembatasan khususnya Pertalite, namun Pertamina terus melakukan upaya sosialisasi dan edukasi terkait program subsidi tepat.

Adapun tujuan dari program tersebut berguna untuk mendata kendaraan yang menggunakan Pertalite dan Solar.

Melalui pendataan tersebut, diharapkan penyaluran BBM subsidi dapat lebih termonitor dan mencengah kecurangan atau penyalahgunaan di lapangan, sehingga bisa tersalurkan ke masyarakat yang berhak.

"Saat ini Pertamina Patra Niaga terus melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai tata cara pendaftaran, serta menguji coba kesiapan verifikasi QR Code. Kami juga terus memantau perkembangan revisi Perpres yang menjadi regulasi acuan penetapan penyaluran BBM bersubsidi," kata Irto.

Irto mengatakan, guna mempermudah dan meningkatkan jumlah pendaftar, pihaknya terus menambah titik booth pendaftaran langsung. Bagi masyarakat yang memiliki akses internet dan handphone, porsesnya bisa dilakukan secara online.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa