Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Baterai Motor Listrik Ke Depannya Bisa Saling Tukar Gara-Gara Ini

Raspati Dana - Selasa, 13 Juni 2023 | 07:30 WIB
Penandatanganan memorandunm of understanding (MoU) antara Indonesia Battery Corporation (IBC) dengan beberapa produsen motor listrik dan bengkel konversi motor listrik bersertifikasi dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik dengan standarisasi yang sama
Raspati/Otomotifnet
Penandatanganan memorandunm of understanding (MoU) antara Indonesia Battery Corporation (IBC) dengan beberapa produsen motor listrik dan bengkel konversi motor listrik bersertifikasi dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik dengan standarisasi yang sama

Otomotifnet.com - Saat ini, baterai motor listrik sangat banyak modelnya.

Bahkan, hampir setiap merek punya model baterainya masing-masing.

Oleh sebab itu, dibutuhkan regulasi yang mengatur standarisasi baterai motor listrik di Indonesia.

Menjawab hal tersebut, PT Industri Baterai Indonesia atau Indonesia Battery Corporation (IBC) menggagas kerja sama dengan berbagai stakeholder terkait di kantor Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenkomarves), Jakpus, Senin (12/6/2023).

Dalam kesempatan tersebut, juga dilakukan penandatangan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) bersama beberapa produsen motor listrik.

Antara lain Alva, Gesits, United E-Motor, Goda, Volta, Viar.

Turut hadir beberapa perwakilan bengkel konversi motor listrik bersertifikasi, yakni Bintang Racing Team (BRT) dan Spora EV.

Toto Nugroho, Direktur IBC mengatakan MoU ini merupakan bentuk kesepakatan untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik dengan standarisasi yang sama, termasuk baterai, charger dan kabinet tukar baterai (battery swap).

"Paling utama dari apa yang kita lakukan adalah standarisasi. Bisa terbayang kalau dari baterai, charger, kabinet swap-ing yang berbeda-beda, akan memberatkan konsumen, begitu juga produsen," kata Toto dalam konferensi pers di kantor Kemenkomarves, Senin (12/6/2023).

“Oleh karena itu dengan bangga berdiri di hadapan bapak dan ibu hari ini kami luncurkan Battery Asset Management Services atau BAMS,"

"Sebuah platform ekosistem motor listrik yang dapat mengakomodir pengguna motor listrik beberapa merek, sekaligus pengguna motor konversi. Jadi ini kita akan lakukan bersama baik untuk motor listrik, maupun motor konversi.” sambungnya.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa