Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Luhut Mau Peredaran Mobil BBM Dipersulit, Punya Niat Baik di Belakangnya

Ferdian - Kamis, 15 Juni 2023 | 15:30 WIB
Ilustrasi kemacetan di Jakarta
Tribunnews.com
Ilustrasi kemacetan di Jakarta

Otomotifnet.com - Berbagai upaya sedang dilakukan Pemerintah untuk menggenjot peralihan kendaraan konvensional ke listrik.

Salah satunya dengan memberikan insentif pembelian kendaraan listrik baru dan konversi.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan, bicara kendaraan listrik tidak hanya mengenai kendaraannya saja tapi seluruh ekosistem pendukung.

Luhut mengatakan, ke depan pemerintah tidak hanya mendorong percepatan peralihan ke kendaraan listrik dengan memberikan insentif, tapi juga membatasi peredaran mobil berbahan bakar minyak (BBM).

"Kita juga secara bertahap akan mulai mempersulit ya, (dalam) tanda kutip, mobil-mobil kombusi sehingga dengan demikian Jakarta air quality (kualitas udara) lebih baik," kata Luhut di kantor Kemenko Marves, Jakarta (12/6/2023).

"Sehingga keluarga kita akan mendapat kualitas udara seperti mungkin di negara tetangga kita," ujar Luhut saat peluncuran Battery Assets Management Services Indonesia Battery Corporation (IBC).

Luhut mengatakan, pemerintah mempunyai target pada 2030 yaitu populasi kendaraan listrik di Indonesia mencapai 10 persen dari total populasi kendaraan yang ada.

"Kendaraan listrik tidak hanya berbicara kendaraannya saja, tapi seluruh ekosistem pendukungnya. Kita mau 10 persen nanti populasi dari EV ini sudah terjadi di 2030," ujar Luhut.

"Kita melihat kendaraan listrik harus utuh sebagai suatu ekosistem tidak hanya bisa melihat mobil karena ada 4 wheeler, 2 wheeler, bus itu satu sistem, kemudian dan only requirement colfit itu juga terjadi," kata Luhut.

Baca Juga: Penjualan Mobil dan Motor Listrik di Tokopedia Naik, Jumlahnya Segini

Sumber: https://otomotif.kompas.com/read/2023/06/14/184100115/agar-kualitas-udara-lebih-baik-luhut-ingin-peredaran-mobil-bbm-dipersulit

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa