Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bikin Baru dan Perpanjang SIM Bakal Pakai Face Recognition, Sayonara Calo dan Pungli

Ferdian - Minggu, 25 Juni 2023 | 17:30 WIB
Ujian praktek SIM di Satpas 1220 Polres Metro Bekasi Kota
Adam Samudra
Ujian praktek SIM di Satpas 1220 Polres Metro Bekasi Kota

Otomotifnet.com - Diperkenalkan baru-baru ini, teknologi Face Recognition atau pengenalan wajah saat proses pembuatan baru atau perpanjang SIM (Surat Izin Mengemudi)

Teknologi ini rencananya akan diberlakukan di beberapa Satpas SIM.

Upaya tersebut dilakukan untuk menghindari aksi pungutan liar (pungli) dalam proses pembuatan SIM baru.

Terlebih, dalam praktiknya, banyak calo yang beraksi dalam pembuatan SIM ini.

"Teknologi yang ada di Satpas Prototype itu untuk menghindari hal-hal seperti pungutan liar dalam melayani masyarakat. Aplikasi SINAR yang memudahkan masyarakat dalam perpanjangan SIM dengan tidak lagi datang ke kantor Satpas," kata Dirregident Korlantas Polri Brigjen Yusri Yunus, dikutip dari laman NTMC Polri hari ini (23/6/2023).

Menanggapi pernyataan itu Pemerhati Masalah Transportasi, Budiyanto mendukung adanya teknologi Face Recognition tersebut.

"Apabila metode ini dapat dilaksanakan merupakan satu langkah lebih maju untuk memperkuat dan mengembangan sistem E-TLE ( Electronic Traffic Law Enforcement)," kata mantan Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya ini saat dikonfirmasi (25/6/2023).

Menurutnya, di beberapa titik lemah sistem E-TLE antara lain adalah belum mampu mendeteksi pelanggaran bagi pengguna jalan yang belum memiliki SIM.

Sesuai Undang - Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan No 22 Tahun 2023 Pasal 1 angka 23 bahwa Pengemudi adalah orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang telah memiliki Surat izin mengemudi.

"Secara tersurat bahwa jelas bahwa orang tidak memiliki SIM tidak boleh mengemudikan kendaraan. Jadi mereka yang tidak memiliki SIM kemudian dengan sengaja atau nekad mengemudikan ranmor termasuk pelanggaran berat," tuturnya.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa