Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Perawatan Helm, Jangan Ampe Kulit Kena Panu Karena Kotor

Panji Nugraha - Kamis, 29 Juni 2023 | 21:55 WIB
Perawatan helm
DAM
Perawatan helm

Otomotifnet.com - Helm menjadi salah satu riding gear yang wajib dipakai saat menggunakan sepeda motor di jalan raya.

Fungsi helm tak hanya melindungi kepala saat terjadi kecelakaan, tetapi fungsinya juga bisa mereduksi suara sekitar, pelindung dari cuaca dan debu hingga sebagai penunjang gaya hidup.

Karena fungsinya sangat penting, helm juga wajib dilindungi dengan perawatan yang tepat, agar tetap bersih dan nyaman digunakan.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ludhy Kusuma menjelaskan, dengan melakukan perawatan tersebut maka dapat mencegah dampak negatif seperti penyakit jamur kulit alias panu akibat menggunakan helm yang kotor, bau tidak sedap yang ditimbulkan dari keringat, menurunnya kualitas helm serta menghindari ketidaknyamanan dalam penggunaannya.

“Sebaiknya membersihkan helm dilakukan minimal 1 bulan sekali namun jika dipakai setiap hari pembersihannya dapat dilakukan 1 minggu sekali atau segera apabila terkena hujan agar helm tetap bersih dan nyaman dipakai,” ujar Ludhy.

Berikut adalah tips perawatan helm yang tentunya bertujuan agar tetap dalam kondisi yang nyaman ketika berkendara, diantaranya :

1. Bersihkan lapisan luar helm berikut kaca helm jika sudah terlihat kusam atau terkena kotoran, debu atau hujan dengan kain serat halus atau kain micro fiber serta shampo atau sabun khusus perawatan helm.

Penggunaan kain dengan serat halus seperti kain microfiber dapat mencegah lecet akibat proses pembersihan.

2. Hindari penggunaan pembersih kaca untuk membersihkan visor helm karena biasanya pembersih kaca mengandung amonia yang dapat merusak polikarbonat pada visor yang berdampak menurunnya tingkat kejernihan visor helm.

3. Gunakan cotton bud untuk membersihkan bagian helm yang sulit dijangkau seperti lubang ventilasi pada helm yang bertujuan untuk menjaga sirkulasi udara pada helm agar tidak terhalang oleh kotoran.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa