Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penasaran Sama Volume Tangki BBM Pertamina, Tiap Pom Beda-beda Loh

Ferdian - Rabu, 12 Juli 2023 | 21:00 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina
Ermiel/GridOto.com
Ilustrasi SPBU Pertamina

Otomotifnet.com - Banyak yang masih penasaran berapa sih kapasitas tangki penyimpanan BBM di SPBU.

Seperti yang diketahui, Setiap penyedia bahan bakar punya variasi dalam menawarkan jenis dan produk bahan bakar di SPBU miliknya.

Berbagai jenis BBM tersebut tentu punya tempat penampungan atau tangki masing-masing yang berada di area SPBU.

Menurut Irto Ginting, saat diwawancarai beberapa waktu lalu menjabat sebagai Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, menjelaskan kalau volume tangki penyimpanan BBM di SPBU beragam.

"Volume BBM yang dapat ditampung di SPBU itu sangat bervariasi, karena tergantung kebutuhan di masing-masing SPBU." jelasnya.

Namun ia mengungkapkan, satu tangki untuk satu produk BBM di SPBU biasanya dapat menampung puluhan kiloliter (kl), di mana 1 kiloliter BBM itu setara dengan 1.000 liter.

"Satu tangki BBM kapasitasnya bervariasi antara 10 kl sampai dengan 60 kl. Sedangkan satu SPBU memiliki beberapa tangki tergantung jenis BBM yang disediakan," bebernya.

Karena hal tersebut, Irto tidak dapat memastikan perbedaan kapasitas tangki untuk setiap produk bahan bakar yang dipasarkan oleh Pertamina, seperti Pertamax, Pertalite, Perta Dex, hingga Dexlite.

"Kapasitas tangki per produk BBM itu tergantung owner atau pemilik SPBU, dan hal ini tergantung permintaan di masing-masing lokasi SPBU pada setiap wilayah," pungkasnya.

Dari penjelasan tersebut, dapat diasumsikan bahwa volume bahan bakar yang dapat ditampung di SPBU berkisar antara 10 ribu liter hingga 60 ribu liter untuk satu jenis bahan bakar.

Jika SPBU menyediakan empat jenis bahan bakar, maka volume bahan bakar yang dapat ditampung diperkirakan antara 40 ribu liter hingga 240 ribu liter.

Baca Juga: Ulah Motor Digoyang Saat Isi BBM, SPBU Tlogomas Hangus Dibakar Api

Sumber: https://www.gridoto.com/read/223835369/fakta-volume-tangki-penyimpanan-bbm-di-spbu-ternyata-berbeda-tiap-pom-bensin

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa