Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Bikin Lampu Innova dan Honda BR-V Lebih Terang, Cukup Ganti Model Ini, Biaya Masih Ratusan

Rendy Surya - Rabu, 2 Agustus 2023 | 18:30 WIB
Perbandingan cahaya lampu kiri (LED) dan kanan (halogen OEM), foglamp LED warna kuning dari RTD by Rayton
Rendy/Otomotifnet
Perbandingan cahaya lampu kiri (LED) dan kanan (halogen OEM), foglamp LED warna kuning dari RTD by Rayton

Otomotifnet.com - Beberapa jenis mobil seperti Kijang Innova Reborn, Honda BR-V gen 1 dan Xpander gen 1 kerap dikeluhkan pemiliknya lantaran cahaya dari lampu utama (halogen) bawaan mobil yang kurang terang.

Apalagi saat dibawa jalan malam hari dengan kondisi jalanan yang kurang penerangan.

Makanya banyak merek lampu LED (Light Emitting Diode) ramai-ramai menawarkan solusi dengan mengganti lampu bohlam halogen bawaan pabrik dengan produk terbaru mereka.

Lampu LED RTD by Rayton
Rendy/Otomotifnet
Lampu LED RTD by Rayton

Salah satunya RTD by Rayton, produsen lampu LED asal Tiongkok ini menawarkan produk-produk lampu LED-nya sebagai subsitusi, “RTD by Rayton kebanyakan produk replacement, sehingga tinggal pasang saja alias plug and play, cocok buat yang tak mau batok lampunya dimodifikasi,” terang Tommy, National Sales Manager Rayton Indonesia.

Tommy lantas menjelaskan ada beberapa tips pemasangan lampu LED untuk menggantikan lampu bohlam halogen biasa bawaan pabrik.

Yang pertama adalah sesuaikan dengan spesifikasi bawaan pabrik. Lantaran konsepnya adalah plug and play (PNP) sehingga tak memerlukan modifikasi.

Innova Reborn ganti lampu jauh dan foglamp LED RTD by Rayton
Rendy/Otomotifnet
Innova Reborn ganti lampu jauh dan foglamp LED RTD by Rayton

Sebagai informasi baik Innova Reborn maupun Honda BR-V generasi pertama memiliki soket lampu dekat tipe H11, lampu jauh HB3 dan fog lamp H11.

Soal harga, dijelaskan Tommy lagi, kini beragam lampu LED ditawarkan mulai dari ekonomis hingga ultra premium, “Biasanya perbedaan ada pada material pembentuknya, yang ekonomis hingga standar material bodinya dari plastik dan alumunium. Sedangkan kelas super hingga premium, terdiri dari campuran alumunium dan besi untuk bodinya,".

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa