Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berasa Kayak KTP, Motor Bakal Punya Nomor Ini Demi Cegah Kelakuan Orang Jahat

Ferdian - Selasa, 19 September 2023 | 19:30 WIB
Ilustrasi motor baru diangkut oleh truk
MrAri Kurniawan
Ilustrasi motor baru diangkut oleh truk

Otomotifnet.com - Seperti KTP, identitas motor akan dibuat sekomplit mungkin dengan penambahan nomor ini.

Hal ini bertujuan menghindari motor bodong.

Karena semua kendaraan yang dioperasikan di jalan raya wajib dilengkapi surat-surat sebagai identitas resmi dari kepolisian.

Korlantas Polri pun akan lebih memperketat peredaran motor bodong, salah satunya dengan memperketat praktik penyelundupan yang sengaja dilakukan orang jahat.

“Saya buatkan elektronik faktur nanti, dalam bentuk barcode maupun cip nanti. Pada saat bapak membuat fakturnya, itu sudah bisa masuk ke kami, di dalamnya ada TNKB,” ujar Dirregident Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus di Jakarta (13/9/2023).

“Jadi masuk ke kami, sementara perjalanan di Bea Cukai, Menperindag, Perhubungan dan Kepolisian, kami sudah bisa tahu dari elektronik faktur itu,” katanya.

Yusri mengatakan, nantinya motor-motor yang baru diproduksi akan diberikan NIK (Nomor Identifikasi Kendaraan).

“Apa keuntungan kepolisian? Keuntungan kami adalah NIK-nya itu baru lahir sudah masuk database-nya ke kami. Jadi jangan ada truk motor besar, isinya motor semua jalan di jalan tol, tapi kita enggak tahu sama sekali apa database-nya,” ucap Yusri.

“Yang saya tahu nanti database saya, motor mereknya apa, misalnya ‘Tangkas’. Masuk ‘Tangkas’, saya tahu Tangkas ini keluaran dari produk Jawa Tengah, Polres Kabupaten Kebumen, showroom-nya namanya ini, saya bisa tahu,” ujarnya.

Yusri menambahkan, produsen nantinya diminta untuk melaporkan jumlah kendaraan yang ingin dipasarkan di sini, agar kendaraan baru tersebut segera memiliki NIK sebelum dilepas ke konsumen.

“Tinggal lapor ke kami, dari Tangkas misalnya melapor, tahun ini kami ada 100 atau 1.000 kendaraan, langsung kasih 1.000 nomor. Jadi langsung sudah tempel di situ dengan nomornya,” kata Yusri.

Baca Juga: Waduh, Gara-gara Razia Uji Emisi, Motor dan Mobil Bisa Terancam Bodong

Sumber: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/18/182100515/hindari-penyelundupan-motor-baru-diproduksi-bakal-punya-nik

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa