Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lolos ETLE, Motor Enggak Pasang Pelat Nomor Tetap Bisa Dikandangin

Ferdian - Selasa, 3 Oktober 2023 | 20:00 WIB
Motor disita polisi
(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Motor disita polisi

Otomotifnet.com - Pengendara yang melanggar lalu lintas tidak hanya bisa ditilang tapi bisa berujung penyitaan.

Proses sita kendaraan ini dilakukan bertujuan memberi efek jera bagi pengendara yang tidak taat aturan, dan melakukan beberapa pelanggaran berat.

Salah satu pelanggaraan yang dimaksud adalah tidak menggunakan pelat nomor kendaraan.

Hal ini seringkali dilakukan para pengendara motor supaya lolos ETLE.

Kepala Urusan Pembinaan Operasi (KBO) Lantas Jakarta Barat AKP Sudarmo menjelaskan, mencopot pelat nomor belakang adalah satu kebiasaan buruk pengendara motor yang sering ia jumpai.

Menurutnya, hal itu dilakukan secara sengaja supaya pengendara tak terkena tilang elektronik dan luput dari pantauan kamera ETLE.

“Biasanya pelat belakang dicopot dan yang dipasang itu cuma plastik (wadah penahan pelat nomor) saja, jadi nyaru (tidak kelihatan),” ucapnya kepada Kompas.com di Jakarta (2/10/2023).

Jika anggota Polisi yang bertugas menjumpai situasi tersebut, langkah utama yang dilakukan dalah meminta keterangan dari pengendara. Jika keterangan dinilai rancu atau tidak sesuai, motor bisa disita.

“Nanti ditaruh di penampungan, bisa di Polsek atau Polres seperti di sini,” ucapnya. Untuk diketahui, menyita kendaraan memang salah satu wewenang Polisi. Hal ini sudah diatur di dalam Pasal 260 ayat (1) Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ).

Penjelasannya adalah sebagai berikut :

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa