Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Resep Astra Honda Motor Cetak Pembalap Muda Berprestasi di Balap Dunia

Harryt MR - Rabu, 4 Oktober 2023 | 18:00 WIB
AHM dikenal sebagai pabrikan motor yang konsisten dalam membina pembalap muda, pembinaannya pun cukup sistematis
AHM
AHM dikenal sebagai pabrikan motor yang konsisten dalam membina pembalap muda, pembinaannya pun cukup sistematis

Otomotifnet.com - Pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) selalu langganan juara di kancah internasional. Reputasi pembalap binaan AHM telah dibangun sejak lama.

Nah hal inilah yang menjadi resep keberhasilan AHM dalam pembibitan pembalap muda Indonesia. Prestasi mendunia yang telah ditorehkan pun patut diapresiasi.

Ter-update, lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang dua kali pada gelaran balap international Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) setelah pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM).

Veda Ega Pratama berhasil menyapu bersih podium tertinggi pada kedua race di putaran kedua IATC yang diselenggarakan di sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang pada 30 September 2023-01 Oktober 2023.

Prestasi membanggakan ini sekaligus mencetak sejarah sebagai pebalap non Jepang yang meraih juara di sirkuit Motegi sejak tahun 2017 pada kejuaraan ini.

AHM memang dikenal sebagai pabrikan motor yang konsisten dalam membina pembalap muda, pembinaannya pun cukup sistematis. 

Penjenjangan pembalapnya dimulai dari kasta terkecil, digodok hingga bisa dibawa ke balap dunia pada kancah MotoGP. 

Dimulai dari pemilihan pembalap belia dari kancah balap nasional seperti Kejurnas Motoprix dan OnePrix, pembalap motor bebek atau underbone dibawa ke Astra Honda Racing School (AHRS).

Pelatihan di AHRS pun lebih tertata dan berfokus pada motor sport, seperti Honda CBR150R, Honda CBR250RR, dan Honda NSF100 sebagai salah satu motor prototipe.

Dari AHRS ini lah mereka memperdalam teknik balap, mengenal komponen-komponen pada motor untuk mempermudah komunikasi pada mekanik mengenai kendala motor di lintasan.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa