Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Cara Toyota Cetak SDM Spesialis Untuk Industri Elektrifikasi

Harryt MR - Rabu, 18 Oktober 2023 | 07:30 WIB
Lulusan TIA dibentuk melalui pengajaran dan praktik yang berorientasi kebutuhan industri nasional, dan menjadi expert di bidang digitalisasi
TMMIN
Lulusan TIA dibentuk melalui pengajaran dan praktik yang berorientasi kebutuhan industri nasional, dan menjadi expert di bidang digitalisasi

Otomotifnet.com - Toyota Indonesia punya cara sendiri dalam mencetak SDM (Sumber Daya Manusia) spesialis, khususnya untuk industri elektrifikasi. Toyota Indonesia menyadari urgensi kebutuhan SDM di industri tersebut.

Yakni melalui program Toyota Indonesia Academy (TIA), menjawab tantangan Link and Super Match lulusan vokasi yang diusung Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Program TIA berhasil mencetak sejumlah ‘expert’ yang siap diterjunkan di industri otomotif (13/10/2023).

Yaitu sebanyak 36 expert TIA, terdiri dari 30 expert dari production skill berupa perakitan kendaraan roda empat, dan 6 expert dari maintenance skill berupa mesin otomasi.

Mereka telah menuntaskan pendidikan sebagai spesialis untuk menjawab kebutuhan industri otomotif, khususnya di era elektrifikasi.

Sejak didirikan di tahun 2016 hingga saat ini, TIA telah memberikan kontribusi hingga 255 SDM ahli, yang sudah merealisasikan ilmu pendidikannya.

Baik di PT TMMIN (Toyota Motor Manufacturing Indonesia) maupun juga di rantai pasok.

TIA juga melakukan evaluasi juga FGD (Focus Group Discussion) bersama para pakar industri untuk mengetahui dan beradaptasi lebih cepat dengan kebutuhan industri terkini.

Khususnya dalam teknologi future process dan future product. Alhasil kurikulum pembelajaran TIA terus bertransformasi demi menjawab tantangan perkembangan teknologi di industri yang begitu cepat.

Selain itu, di tahun ke-2 seluruh expert diberikan program pemagangan di industri selama 1 tahun, agar mereka dapat lebih cakap beradaptasi dengan teknologi-teknologi baru di industri elektrifikasi.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa