Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Prado EX 3.0 Turbo dan Land Cruiser 1991 Diamankan Bea Cukai, Teronggok di Kebun Sawit

Ferdian - Rabu, 8 November 2023 | 19:30 WIB
Mobil bodong dengan plat nomor Malaysia yang ditemukan petugas Bea Cukai Nunukan, Kaltara di tengah kebun kelapa sawit warga Pulau Sebatik
(Kompas.com/Ahmad Dzulviqor)
Mobil bodong dengan plat nomor Malaysia yang ditemukan petugas Bea Cukai Nunukan, Kaltara di tengah kebun kelapa sawit warga Pulau Sebatik

Otomotifnet.com - Sayang banget, Toyota Prado EX 3.0 Turbo 1991 dan Toyota Land Cruiser tahun 1999 diamankan Kantor Bea Cukai Nunukan.

Dua mobil bodong yang diamankan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Nunukan, Kalimantan Utara berada di area perkebunan sawit wilayah perbatasan RI–Malaysia, di Pulau Sebatik.

Dilansir dari Kompas.com, kedua mobil bodong tersebut dipajang dalam acara penyelesaian barang yang menjadi milik negara (pemusnahan dan hibah), hasil penindakan KPPBC Nunukan, Selasa (7/11/2023).

Kepala KPPBC Nunukan, Danang, mengatakan, meski teronggok di tengah perkebunan kelapa sawit warga, kedua mobil dimaksud dalam keadaan normal dan bisa dioperasikan.

"Menurut informasi masyarakat setempat, kedua mobil dengan pelat nomor Malaysia tersebut biasa digunakan untuk mengangkut hasil panen kelapa sawit," ujar Danang.

Danang mengatakan, kedua mobil bodong itu kini telah ditetapkan sebagai Barang Milik Negara (BMN).

Sebenarnya, lanjutnya, KPPBC Nunukan sudah menemukan kedua mobil, beberapa bulan lalu.

Pihaknya juga sudah memberikan tenggat waktu hingga 90 hari agar pemilik datang ke Kantor Bea Cukai Nunukan, dengan menyertakan bukti kepemilikan.

Sekaligus melampirkan nota pembelian barang secara impor.

"Kondisi kedua mobil, terbukti tanpa legalitas impor, dan melanggar peraturan Menteri Perindustrian Nomor 14 Tahun 2016. Dikatakan, impor mobil bekas sebagai pemenuhan kepentingan pribadi, dilarang di wilayah Indonesia," ujarnya.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa