Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Land Cruiser Prado 1995 Ngandang di Kantor Bea Cukai, Tepergok di Jalur Tikus Kalbar

Irsyaad W - Rabu, 29 November 2023 | 17:00 WIB
Toyota Land Cruiser Prado 1995 selundupan asal Malaysia yang ditangkap tim Bea Cukai di jalur tikus Jagoi Babang, Bengkayang, Kalimantan Barat
Dok. Bea Cukai
Toyota Land Cruiser Prado 1995 selundupan asal Malaysia yang ditangkap tim Bea Cukai di jalur tikus Jagoi Babang, Bengkayang, Kalimantan Barat

Otomotifnet.com - Toyota Land Cruiser Prado 1995 berakhir ngandang di kantor Bea Cukai.

Setelah keberadaannya tepergok aparat di jalur tikus perbatasan Jagoi Babang, Bengkayang, Kalimantan Barat.

Kabid Fasilitas Kepabeanan dan Cukai Kalbar, Beni Novri mengatakan, LC Prado tersebut dibawa seorang sopir untuk diantar ke pemesan di Kota Singkawang, Kalbar, sekitar pukul 13:50 WIB, (15/10/23).

"Mobil mewah Land Cruiser diselundupkan dari jalur tidak resmi atau jalur tikus, pelaku diringkus ketika melintas di Jalan Raya Singkawang-Bengkayang," kata Beni, (28/11/23) melansir Kompas.com.

Beni menjelaskan kronologi penangkapan yang bermula dari Tim Bea Cukai menerima informasi ada penyelundupan Toyota Land Cruiser Prado lawas warna biru metalik asal Malaysia yang melintas dari Jagoi Babang menuju Singkawang.

Kemudian, tim berangkat dari Pontianak melaksanakan pemantauan, dan tiba di Kabupaten Bengkayang pukul 21:20 WIB, (15/10/23).

"Pada pukul 21:48 WIB mobil sesuai melintas dengan kecepatan tinggi dan dilakukan pengejaran," ucap Beni.

Menurut Beni, tim mengamankan sopir dan LC Prado tersebut untuk dibawa ke Kantor Wilayah DJBC Kalimantan Bagian Barat dan dilakukan penelitian lebih lanjut.

"Modusnya pelaku memasukkan barang impor tanpa dokumen pabean melalui jalur tidak resmi di perbatasan Jagoi Babang," ucap Beni.

Hasil pemeriksaan sementara, lanjut Beni, diketahui sopir dihubungi oleh seseorang yang tidak dia kenal untuk membawa LC Prado itu dari Jagoi Babang menuju Singkawang.

Namun karena dijanjikan akan diberi upah pembayaran, sopir mau melakukannya.

"Kami masih akan mendalami siapa pemilik dari mobil tersebut, dan apakah ada jaringan yang terlibat dalam kasus ini," ungkap Beni.

Baca Juga: Prado EX 3.0 Turbo dan Land Cruiser 1991 Diamankan Bea Cukai, Teronggok di Kebun Sawit

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa