Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bikin Lemas, Pajak BBM Naik di Jakarta, Bisa Merembet Urusan Perut

Harryt MR - Kamis, 1 Februari 2024 | 08:45 WIB
(ilustrasi) SPBU Pertamina telah meluncurkan bahan bakar baru yaitu Pertamax Green 95
Pertamina
(ilustrasi) SPBU Pertamina telah meluncurkan bahan bakar baru yaitu Pertamax Green 95

Otomotifnet.com - Awal tahun 2024 sudah terendus adanya kenaikan tarif perpajakan. Yakni Pajak Bahan Bakar Minyak (BBM), dan Pajak progresif kendaraan bermotor. 

Khususnya untuk DKI Jakarta, sudah lebih dahulu menetapkan tarif pajak BBM, serta mengumumkan kenaikan pajak progresif sebesar 0,5 persen.

Aturan ini tertuang dalam Peraturan Daerah (Perda) Provinsi DKI Jakarta, Nomor 1 Tahun 2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Nah persoalannya jika pajak BBM naik, maka berpotensi timbulnya kenaikan harga BBM, yang diikuti merembet ke urusan perut, yaitu naiknya harga sembako. 

Hal ini diutarakan oleh Pemerhati Masalah Transportasi dan Hukum, AKBP (Purnawirawan), Budiyanto SSOS. MH.

Ia mengatakan, padahal Pemerintah Pusat sedang menghitung besaran kenaikan Pajak BBM, dan sedang mengkaji dampak yang mungkin akan terjadi secara nasional. 

Namun, tiba-tiba dikagetkan oleh Perda No. 1/2024 tentang pajak daerah dan retribusi daerah DKI Jakarta, yang sudah duluan menetapkan tarif pajak BBM.

Yakni besaran pajak BBM untuk kendaraan pribadi sebesar 10% dan angkutan umum 50% dari kenaikan tarif kendaraan pribadi.

“Kenaikan pajak bahan bakar kendaraan tentunya cukup mengagetkan terutama untuk masyarakat kelas menengah kebawah,”

“Karena saya yakin dengan kenaikan pajak bahan bakar ranmor, akan berdampak kepada banyak aspek kehidupan yang lain,” ungkap Budiyanto.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa