Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penampakan Honda Civic Type R FL5 Versi Balap, Singgung Pembuktian Kelas Tertinggi ITCR 3600 Max

Rendy Surya - Minggu, 3 Maret 2024 | 20:00 WIB
Honda Civic Type R (FL5) perdana diajak turun balap turing Sentul
HPM
Honda Civic Type R (FL5) perdana diajak turun balap turing Sentul

Otomotifnet.com - Memasuki awal musim balap turing 2024, di kelas tertinggi yaitu ITCR 3600 Max, pembalap Alvin Bahar menggunakan model terbaru flagship sport car Honda. 

Yaitu All New Honda Civic Type R dengan kode sasis FL5.

Model yang diluncurkan di Indonesia pada akhir Maret 2023 mengusung mesin 2.0 Liter VTEC Turbo, mobil ini menghasilkan tenaga maksimal 317 dk dan torsi maksimum 420 Nm.

All New Honda Civic Type R telah memecahkan rekor sebagai mobil penggerak roda depan tercepat di sirkuit Suzuka, Jepang dan rekor putaran tercepat di sirkuit Nurburgring, Jerman.

Penampakannya diungkap dalam rilis resmi PT Honda Prospect Motor (HPM). Yusak Billy sebagai Sales & Marketing and After Sales Director HPM mengungkapsoal pembuktian. 

"Bagi kami, ajang balap merupakan suatu pembuktian ketangguhan suatu produk, oleh karena itu kami selalu menurunkan mobil balap yang memiliki (production spec) dari model-model terkini yang kami pasarkan, termasuk All New Honda Civic Type R dan New Honda Brio."

Honda Civic Type R (FL5) digeber Alvin Bahar di kelas ITCR 3600 Max ISSOM 2024
HPM
Honda Civic Type R (FL5) digeber Alvin Bahar di kelas ITCR 3600 Max ISSOM 2024

"Selain itu, sebagai komitmen kami untuk mewujudkan Everyone Can Race, kami juga kembali menyelenggarakan Honda Brio Speed Challenge (HBSC) dan Honda City Hatchback RS Speed Challenge (HCHSC) yang menjadi ajang kompetisi mulai dari pembalap pemula hingga profesional,” terangnya lagi. 

Di momen yang sama, tim Honda Racing Indonesia (HRI) juga mengumumkan susunan pembalap yaitu Alvin Bahar, Avila Bahar serta pembalap baru yaitu Andri Abirezky pada balap Touring di Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2024. 

Tim Honda Racing Indonesia (HRI) 2024
HPM
Tim Honda Racing Indonesia (HRI) 2024

HRI juga memperkenalkan mobil balap baru yaitu All New Honda Civic Type R untuk kelas Indonesia Touring Car Race (ITCR) 3.600 serta penambahan satu New Honda Brio untuk kelas ITCR 1.200.

Dengan tambahan New Honda Brio, tim HRI akan menurunkan dua pembalap yang akan bertanding di ITCR 1200 yaitu Avila Bahar dan Andri Abirezky.

Pertama kalinya bergabung bersama tim HRI, Andri sebelumnya telah mengikuti kejuaraan Honda Jazz Speed Challenge 2021 dan langsung berhasil meraih gelar juara di kelas Rising Star.

Selain itu Andri juga mengikuti kejuaraan ITCR 1.500 di kelas Promotion. Di musim berikutnya, Andri juga mengikuti Honda City Hatchback RS Speed Challenge tahun 2022 untuk kelas Master dan berhasil menduduki juara ketiga.

Di kelas ITCR 1.200, Andri akan berlaga bersama pembalap HRI lainnya yaitu Avila Bahar. Selain di kelas ini, Avila Bahar juga akan tetap berkompetisi pada kelas ITCR 1.500 menggunakan Honda City Hatchback RS.

Didukung mobil balap andalannya, Avila Bahar sebelumnya telah menorehkan prestasi sebagai juara nasional ITCR 1.500 pada tahun 2022 dan 2023 lalu.

Di Musim ini HBSC sudah memasuki tahun ke-11 sementara HCHSC telah memasuki tahun penyelenggaraan ke-3. Kedua ajang ini telah menjadi agenda balap One Make Race yang paling konsisten dan paling banyak jumlah pesertanya dari tahun ke tahun.

Hingga tahun 2023 lalu, HBSC telah memiliki total peserta sebanyak lebih dari 150 orang, sementara Honda City Hatchback RS Speed Challenge (HCHSC) yang telah telah diikuti oleh total lebih dari 40 peserta.

Di musim ini, Honda memberikan total hadiah lebih dari Rp 400 juta untuk para pemenang kejuaraan One Make Race.

Pertandingan Honda Brio Speed Challenge dan Honda City Hatchback RS Speed Challenge akan berlangsung sebanyak 6 seri, yang akan dimulai pada bulan Maret hingga Desember 2024 di Sentul International Circuit.

Editor : Iday

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa