Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Baru Sedikit Yang Tahu, Bekasi-Jogja Hanya 8 Jam 8 Menit Lewat Gerbang Tol Ini

Irsyaad W - Rabu, 8 Mei 2024 | 15:30 WIB
Ilustrasi: Segini banyaknya kendaraan yang melintas di Tol Trans Jawa.
Jasa Marga
Ilustrasi: Segini banyaknya kendaraan yang melintas di Tol Trans Jawa.

Otomotifnet.com - Baru sedikit yang tahu Bekasi-Jogja bisa ditempuh dalam waktu 8 jam 8 menit.

Dengan catatan dilakukan mobil pribadi melalui jalan tol berikut ini.

PT Jasamarga Transjawa Tol mengatakan, Gerbang Tol (GT) Colomadu di tol Solo-Ngawi saat ini merupakan gerbang tol terdekat menuju Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ria Marlinda Paallo, Vice President Corporate Secretary and Legal PT Jasamarga Transjawa Tol mengatakan, waktu tempuh perjalanan dari Bekasi (Jawa Barat) hingga Yogyakarta dapat lebih hemat 78 persen bila melalui jalan tol keluar di Gerbang Tol Colomadu.

"Untuk jarak yang ditempuh pengguna jalan dari Kota Bekasi menuju Tugu Jogja tidak terlampau jauh berbeda, melalui tol perjalanan sejauh 556,4 km dengan waktu tempuh perjalanan dalam kondisi normal selama 8 jam 8 menit," ucapnya dalam siaran resminya, (4/5/24) menukil Kompas.

"Sedangkan tanpa tol atau melalui Jalan Nasional Pantura, pengguna jalan akan menempuh jarak sekitar 597,4 km dengan waktu tempuh jauh lebih lama sekitar 14 jam 28 menit," kata Ria.

Ria mengatakan, dari hitungan tersebut, pengguna jalan yang menggunakan jalan tol akan menghemat jarak perjalanan 41 km atau hemat waktu 6 jam 20 menit.

Gerbang tol Colomadu, bagian dari tol Solo-Ngawi
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Gerbang tol Colomadu, bagian dari tol Solo-Ngawi

"Waktu perjalanan pengguna jalan yang melalui jalan tol lebih efisien sekitar 78 persen dibandingkan tanpa melalui jalan non tol," ujarnya.

Ria mengatakan, hasil simulasi peta digital untuk perjalanan dari Kota Bekasi menuju Yogyakarta melewati jalan tol menunjukkan bahwa pengguna jalan akan melalui beberapa ruas jalan tol yang dikelola dan sahamnya dimiliki oleh PT Jasamarga Transjawa Tol yaitu Jalan Tol Jakarta-Cikampek, dan Jalan Tol Palimanan-Kanci.

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa