Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nunggu Matang, Ini Akibatnya Latihan Menyetir Mobil Langsung di Jalan Raya

Ferdian - Minggu, 30 Juni 2024 | 17:30 WIB
Ilustrasi latihan mengemudi
Dwi Wahyu R./GridOto.com
Ilustrasi latihan mengemudi

Otomotifnet.com - Tak sedikit pengemudi amatir alias baru berlatih berani latihan mengemudi mobil di jalan raya.

Namun kelakukan ini jadi perdebatan setelah ada video yang diunggah di X (Twitter) @innovacommunity, yang mana akun tersebut menuliskan apabila masih belajar menyetir, jangan langsung di jalan raya.

“Buat yg msh belajar nyetir Tolong Belajarnya Jangan di Jalan Raya. Silahkan cari area yg aman utk belajar nyetir,” tulis akun tersebut.

Sebelumnya, cuitan akun tersebut merupakan komentar dari postingan akun X @otolasak4, yang memperlihatkan seorang wanita sedang belajar menyetir di jalan raya.

Ini menuai banyak komentar dari warganet, salah satunya ada yang mengatakan kalau kursus menyetir memang seperti itu, namun ada juga yang mengatakan hal tersebut salah.

“Biasanya kalo belajar nyetir di lembaga latihan mengemudi emang langsung di jalan min, saya juga dulu gitu, hari pertama langsung disuruh nyetir di jalan raya tanpa dibekali ilmu tentang mobil itu sendiri ataupun rambu lalu lintas, pernah saya tanya jawaban beliau, nanti juga sambil jalan kamu paham,” tulis akun @imminenotyours.

Kemudian, ada salah satu komentar yang mengatakan hal tersebut salah, seharusnya dikenalkan dasarnya dan belajar di lahan kosong, barulah di jalan raya.

“Salah metode ini, saya juga dulu ambil les nyetir, hari pertama dikenalin sama kendaraanya, dr setir kopling sein, rem, dll. Terus di bawa ke area perumahan kosong, nah disitu bari megang setir, diajarin jln smpe parkir, trus jalan d tanjakan. Pas udh lancar baru di Jalan Raya,” tulis @fahroeddin.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, setiap pengemudi yang baru belajar perlu memahami beberapa risiko sebelum turun ke jalan umum.

“Pengemudi yang baru mau belajar mobil harus melewati beberapa step, step yang pertama tentang operasional kendaraan. Kalau berbicara mobil manual, ada tiga pedal yang harus dipahami, pengemudi harus mengikuti perintah mendadak dari instruktur untuk menginjak rem, kopling, gas,” ucap Sony dikutip dari Kompas.com

Editor : Panji Nugraha

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa