Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Industri Otomotif Serampak Pakai AI, Peluang Raup 366 Miliar USD

Harryt MR - Selasa, 16 Juli 2024 | 20:00 WIB
Teknologi Artificial Intelligence (AI) rupanya telah serempak dipakai oleh industri otomotif
ITAP 2024
Teknologi Artificial Intelligence (AI) rupanya telah serempak dipakai oleh industri otomotif

Otomotifnet.com - Terobosan teknologi Artificial Intelligence (AI) rupanya telah serempak dipakai oleh industri otomotif.

Hal ini diungkap oleh Dewan Transformasi Digital Industri Indonesia (WANTRII).

Yakni jelang perhelatan Industrial Transformation Asia-Pacific (ITAP), yang digelar di Singapore Expo pada 14-16 Oktober 2024.

Ketua WANTRII, Fadli Hamsani mengatakan manfaat penggunaan AI untuk manajerial production planning operasi industri otomotif. 

“Lalu manfaat kedua untuk quality improvement di industri otomotif. Di Indonesia, khususnya di OEM besar sudah diimplementasikan,” urai Fadli dalam seminar jelang ITAP 2024.

Apalagi menurutnya, sekarang di perusahaan-perusahaan otomotif khususnya di Indonesia, beramai-ramai mengadopsi teknologi AI.

“AI diintegrasikan tidak hanya kebutuhan di vertikal industrinya (pabrik), tapi juga AI digunakan di tier 1 dan tier 2 mereka,” 

“(Yakni) kebutuhan di supply chain, logistik, planning production, quality improvement. Hampir di sebagian besar OEM otomotif sudah menggunakan AI,” beber Fadli.

Penggunaan AI juga diproyeksikan akan memberikan kontribusi yang signifikan, yaitu sebesar 366 miliar dolar AS bagi perekonomian Indonesia dalam satu dekade ke depan.

Baca Juga: Gawat, Penjualan Mobil Stagnan 1 Juta, Kemenperin Usulkan Insentif

Editor : Panji Maulana

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa