Motor Trail Sengaja Dibuatkan Khusus Tuas Rem Kopling Model Lipat, Ini Alasannya

Ignatius Ferdian - Rabu, 10 Juli 2019 | 10:00 WIB

All New Honda CRF 150L | Rizky Apryandi (Ignatius Ferdian - )

Otomotifnet.com - Sering ditemukan di beberapa motor modifikasi menggunakan tuas rem dan tuas kopling yang bisa dilipat sebagai pemanis yang fungsional, tuas model ini ternyata sangat berguna untuk motor trail.

Alasnnya, dalam kondisi standar tuas rem dan kopling umumnya hanya ada tipe standar dan tipe yang bisa diatur jarak main bebasnya.

Khusus buat motor jenis trail atau dual purpose, produsen aftermarket menyediakan pilihan tuas rem dan kopling model lipat.

“Alasannya karena motor jenis tersebut lebih besar peluang untuk mengalami benturan, baik terjatuh atau terbentur objek lain,” jawab Suparman, perwakilan dari Scarlet Racing.

(Baca Juga: Yamaha MX-King 150 2019, Bodi Lebih Padat, Spidometer Ala Moge )

Farhan
Tuas rem dan kopling model lipat Scarlet Racing

Karena tuas dapat tertekuk dan kembali lurus secara otomatis, hasilnya risiko patah atau bengkok saat motor terjatuh bisa dihindari.

Dari segi kekuatan, tuas rem model lipat ini diklaim lebih kuat namun tetap ringan karena terbuat dari bahan aluminium CNC.

Selain itu, adanya tuas model lipat ini juga menjadi bahan modifikasi tambahan buat motor jenis trail yang saat ini sedang digemari.

“Produk ini sudah tersedia dan plug and play buat motor Honda CRF150 dan Kawasaki KLX/D-Tracker 150,” terangnya.

(Baca Juga: Honda PCX 150 & Vario 150 Perutnya Jadi Bengkak, Bisa Jadi 175-180 cc)