Wacana Cukai Pada Kendaraan Bermotor Heboh, AISI: Bisa Memberatkan Konsumen

Ignatius Ferdian,Wisnu Andebar - Sabtu, 22 Februari 2020 | 20:10 WIB

Ilustrasi perakitan motor (Ignatius Ferdian,Wisnu Andebar - )

Otomotifnet.com - Wacana pengenaan cukai terhadap emisi kendaraan bermotor mendapat tanggapan dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).

Sebenarnya alasananya bagus yakni agar tingkat polusi udara dari kendaraan yang menghasilkan karbon dioksida (CO2) bisa ditekan.

Ahmad Muhibbudin selaku Public Relation Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) juga memahami alasan pemerintah soal rencana mengenakan cukai untuk motor.

"Namun kami melihat ini akan memberatkan konsumen dan membuat market motor akan semakin menurun jika diberlakukan," katanya (21/2).

(Baca Juga: Rumor Mobil Dan Motor Kena Cukai, Sri Mulyani Incar Pendapatan Rp 15,7 Triliun Tiap Tahun)

"Akibatnya industri akan semakin mengecil dan tidak tumbuh," sambung pria yang akrab disapa Muhib itu.

Selain pasar motor yang ia prediksi tidak berkembang, menurutnya, usulan Sri Mulyani juga bisa berdampak pada harga motor yang berpotensi naik sehingga akan memberatkan konsumen.

"Konsumen sepeda motor sangat sensitif dengan kenaikan harga, berapa pun itu kenaikannya. Kondisi ini tentu akan ganggu konsumen dan menekan pertumbuhan ekonomi," ungkapnya.

Muhib berharap, pemerintah dapat mempertimbangkan kembali secara komprehensif dampak terhadap industri motor dan industri pendukungnya seperti komponen, pembiayaan, dan lainnya.

(Baca Juga: Mobil dan Motor Bakal Dikenai Cukai, Usul Dari Sri Mulyani Karena Polusi!)