Mobil Boros BBM Bukan Karena Mesin, Bobot Berlebih Bisa Jadi Sebab, Ini Alasannya

Radityo Herdianto,Ignatius Ferdian - Selasa, 9 Juni 2020 | 20:40 WIB

Ilustrasi mobil isi BBM (Radityo Herdianto,Ignatius Ferdian - )

Otomotifnet.com - Konsumsi bahan bakar jadi bahan pertimbangan penting buat para pengguna mobil.

Karena boros iritnya konsumsi BBM berpengaruh langsung pada kondisi mesin dalam melakukan proses pembakaran di dalam ruang bakar.

Namun tak selalu dari mesin mobil, ada juga kebiasaan sepele yang kerap kali ditemukan bisa bikin mobil konsumsi boros BBM.

"Terutama untuk mobil 7 penumpang, biasanya cenderung sering diisi muatan berlebih karena yang penting masih muat," buka Adrianto Sugiarto Wiyono, Dosen Transportasi Politeknik APP Jakarta yang juga Senior Instructor Indonesia Defensive Driving Centre (IDDC).

Lanjut Adrianto, sejatinya dari pabrik mobil sudah memiliki spesifikasi load index atau batas beban muatan maksimal yang dapat dibawa mobil.

"Kalau diisi muatan berlebih berarti ada beban tambahan yang ditopang mobil dan dibawa untuk melaju dari kondisi diam," tekan Adrianto.

"Berarti mesin butuh kerja lebih keras untuk mengimbangi gerak mobil seperti normal, cenderung menginjak pedal gas lebih dalam atau sering pakai gigi rendah," terang Adrianto.

Menurut Adrianto, kondisi ini menyebabkan mesin selalu berada di putaran tinggi dimana proses pembakaran semakin besar yang juga memerlukan debit BBM lebih besar.

Baca Juga: Mobil Diesel Tenaga Loyo, Solar Kualitas Rendah Bisa Jadi Penyebab