Ngecas 4 Jam, Bus Listrik Transjakarta EV1 Siap Digeber Seharian

Harryt MR - Selasa, 6 Oktober 2020 | 16:45 WIB

Pengecasan baterai bus listrik EV1 memakan durasi kurang dari 4 jam setiap harinya (Harryt MR - )

Otomotifnet.com - Kelar uji coba, dua unit bus listrik EV1 Transjakarta dinyatakan sudah memenuhi standar operasional, dan mulai beroperasi Selasa (6/10/2020).

Bus listrik EV1 rute Blok M–Balaikota, dioperasikan dua unit bus BYD yakni tipe C6 dan K9. Kedua bus dikerjasamakan dengan PT Bakrie Autopart.

Menariknya, kedua bus BYD ini memiliki daya baterai yang tahan lama, dengan jarak tempuh diperkirakan mencapai 250 kilometer, sebelum baterainya harus diisi ulang.

Pengecasan baterai bus listrik EV1 memakan durasi kurang dari 4 jam setiap harinya.

“Selain itu, kedua bus juga memiliki keunggulan lainnya seperti tidak menimbulkan polusi, biaya perawatan yang murah, kekuatan baterai yang tahan lama,”

Baca Juga: Begini Cara Naik Bus Listrik TransJakarta Gratis, tapi Wajib Taping

“Hingga konsep green city yang sejalan dengan cita-cita Jakarta untuk menuju 4.0,” papar Nadia Diposanjoyo, Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas, PT Transportasi Jakarta.

Lebih lanjut Nadia mengatakan, selama masa uji coba bus EV1 ini mendapat sambutan antusias dari pelanggan, di mana bus listrik EV1 tercatat telah melayani sebanyak 100 orang setiap harinya, khususnya jelang memasuki masa PSBB jilid II.

“Selain itu selama diujicobakan, kedua bus listrik ini memiliki catatan evaluasi yang baik dan memuaskan baik secara layanan maupun dari sisi mesin hingga ketahanan baterai,”

“Selama 3 bulan dilakukan uji coba, didapati dua unit bus listrik memiliki ketahanan baterai yang baik dan juga stabil saat harus beroperasi penuh sesuai operasional dari Transjakarta,” lanjutnya melalui keterangan tertulis (5/10/2020).