Industri Motor Listrik Dikebut, Kemenperin Usung Circular Economy

Harryt MR - Senin, 9 November 2020 | 00:10 WIB

(Ilustrasi) Peresmian dealer Gesits Lebak Bulus (Harryt MR - )

Otomotifnet.com - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong pengembangan Industri motor listrik di tanah air untuk dikebut.

Pasalnya, pemanfaatan kendaraan listrik dinilai memberikan manfaat, baik dari aspek lingkungan maupun dari sudut pandang energi.

“Kami mendorong percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dalam rangka ketahanan energi, peningkatan efisiensi energi,”

“Konservasi energi sektor transportasi, dan terwujudnya energi bersih, kualitas udara bersih dan ramah lingkungan, serta komitmen Indonesia menurunkan emisi gas rumah kaca,” sebut Doddy Rahadi, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin.

Lebih lanjut, Doddy mengatakan, penguatan industri sepeda motor listrik nasional dalam rangka mendukung substitusi impor, pemerintah telah menetapkan kebijakan dan strategi.

Baca Juga: Menperin Optimis Industri Otomotif Bisa Pulih Lebih Cepat, Apa Sebab?

Yakni terkait percepatan pengembangan industri kendaraan bermotor listrik berbasis baterai dalam negeri, melalui tiga tahapan.

“Kami melakukan pengembangan pasar kendaraan bermotor listrik nasional dalam jangka pendek, menengah dan panjang, serta pengembangan industri dalam jangka menengah panjang, dan pengembangan teknologi,” paparnya.

Doddy kembali menuturkan, sepeda motor merupakan kendaraan favorit masyarakat Indonesia.