Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Berat! Tanpa Dukungan, Industri Otomotif Berpotensi Paling Telat Pulih

Harryt MR - Senin, 2 November 2020 | 23:55 WIB
Industri otomotif nasional berpotensi paling telat pulih, dibanding negara-negara lain di dunia maupun di lingkup Asia Tenggara
Dok. Otomotif
Industri otomotif nasional berpotensi paling telat pulih, dibanding negara-negara lain di dunia maupun di lingkup Asia Tenggara

Otomotifnet.com - Bukan bermaksud pesimis, namun kondisi sulit yang masih menggelayuti pasar mobil nasional terasa sangat berat.

Lantaran penjualan anjlok akibat pandemi Covid-19, membuat industri otomotif harus menelan nestapa.

Tanpa adanya dukungan insentif fiskal berupa potongan pajak dari pemerintah, yang berdampak langsung ke konsumen, maka harus berjuang sendiri untuk recovery.

Bahkan industri otomotif nasional berpotensi paling telat pulih, dibanding negara-negara lain di dunia maupun di lingkup Asia Tenggara.

Hal ini tentu cukup menghawatirkan, mengingat industri otomotif Indonesia merupakan raksasa di ASEAN.

Baca Juga: Pentingnya Stimulus Pajak, Agar Industri Otomotif Tetap Bertahan

“Market di Amerika, sudah recovery 80%. China 100%, Jepang 75%. Kemudian di ASEAN: Thailand sudah 80%, Malaysia juga sudah 100%, karena ada stimulus, bahkan India sudah 85%,”

“Sementara Indonesia sudah 45%,” ungkap Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director, Honda Prospect Motor (HPM).

Lebih lanjut, Billy mencontohkan stimulus perpajakan di negara tetangga. “Malaysia ada sales pack, pajaknya 10% dihilangkan."

"Kemudian harganya di tentukan pemerintah,” sambungnya, melalui diskusi virtual (19/10).

Situasi saat ini, menurut Billy masih belum stabil. “Dan kami masih step by step dalam menentukan strategi. Perubahan perilaku dari konsumen,”

“Sehingga kami perlu memperbaiki pola komunikasi. Salah satunya memanfaatkan platform digital,” terangnya, seraya bilang pasar mobil nasional mulai menunjukkan tren kenaikan penjualan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa