Beberapa Ruas Tol Trans Jawa Akan Mengalami Kenaikan Tarif, Ini Daftar Terbarunya

M. Adam Samudra,Ignatius Ferdian - Rabu, 13 Januari 2021 | 20:00 WIB

ilustrasi ruas Jalan Tol Trans Jawa. (M. Adam Samudra,Ignatius Ferdian - )

Otomotifnet.com - Memasuki tahun 2021, beberapa ruas Tol Trans Jawa akan mengalami penyesuaian tarif.

Salah satunya adalah ruas Tol Palimanan-Kanci, seperti tertuang dalam Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kepmen PUPR) Nomor 1403/KTSP/M/2020.

Hal ini turut disampaikan oleh Corry Annelia Poundti selaku Marketing and Communication Department Head Jasamarga Transjawa Tollroad Divisi Regional

"Dalam waktu dekat akan diberlakukan penyesuaian tarif jalan Tol Palikanci, Semarang seksi A,B,C, dan Surabaya-Gempol," kata Corry melalui keterangan resminya (13/12/2021).

Baca Juga: Pajero Sport Dipacu Kencang di Tol Solo-Ngawi, Hantam Pembatas Masuk Parit, Pengemudi Tewas

Penyesuaian tarif tol telah diatur dalam Pasal 48 ayat (3) Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan, dan Pasal 68 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005, tentang Jalan Tol.

Sebagaimana telah diubah dalam beberapa kali terakhir dengan PP Nomor 30 Tahun 2017, tentang perubahan ketiga atas PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Berdasarkan regulasi tersebut, evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi.

"Penyesuaian tarif ini dibutuhkan untuk memastikan iklim investasi jalan tol yang kondusif, serta menjamin level of service pengelola jalan tol tetap sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Jalan Tol," imbuh Corry.

Baca Juga: Isuzu Elf Babak Belur, Terguling Lalu Terseret di Tol Cipali, Empat Penumpang Tewas