Boleh Tidaknya Mudik Lebaran Belum Pasti, Pemerintah Akan Putuskan Jelang Ramadan

Ignatius Ferdian - Selasa, 23 Maret 2021 | 18:00 WIB

Ilustrasi mudik Lebaran. Beredar Akun yang Menawarkan Jasa Mudik Naik Motor di Media Sosial (Ignatius Ferdian - )

Otomotifnet.com - Pemerintah masih belum memberi keputusan mengenai boleh atau tidaknya masyarakat untuk mudik Lebaran tahun 2021.

Boleh atau tidaknya mudik Lebaran baru akan diputuskan pemerintah beberapa hari sebelum Ramadan.

"Mudik Lebaran itu belum kita putuskan. Nanti, saya kira, tidak lama lagi menjelang Puasa, itu nanti akan ada keputusan. Nanti dilakukan rapat kabinet," kata Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin saat Kunjungan Kerja ke Lampung (22/3/2021).

Pernyataan Wapres sekaligus mementahkan penyataan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Sebelumnya, Budi menegaskan, pemerintah tidak akan melarang masyarakat untuk mudik pada Lebaran 2021.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2021 Dipastikan Menhub Tak Dilarang Pemerintah

Pemerintah, ujar Ma'ruf, pada prinsipnya akan mempertimbangkan dampak dari mudik Lebaran yang dilakukan ketika pandemi Covid-19 masih terjadi.

"Kalau dibolehkan dan kalau dilarang dampaknya bagaimana pada peningkatan penularan. Saya kira akan ada perhitungan-perhitungan. Kalau dampaknya akan besar, pasti akan dilarang. Kalau memang bisa diminimalisasi tentu ada caranya, tapi putusannya nanti saya kira, yang terbaik," ujar Wapres.

Ma'ruf mengatakan, pemerintah sangat menyadari bahwa masyarakat Indonesia memiliki tradisi mudik. Akan tetapi ada hal yang dipertimbangkan.

"Ada bahaya yang kita hadapi kalau itu kita buka. Karena itu, nanti pertimbangannya seperti apa, nanti dilakukan rapat kabinet, barangkali itu," ujarnya.

Baca Juga: Mudik Lebaran Tak Dilarang Pemerintah, Dishub Jabar Harap Vaksinasi Awak Angkutan Dipercepat